Febliya, Hanni Eka and Hariandi, Ahmad and Noviyanti, Silvina (2021) strategi guru dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada proses pembelajaran secara daring di era pandemi covid-19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
cover.pdf Download (27kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (12kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (194kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (105kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (397kB) |
Abstract
ABSTRAK Febliya, E, H. 2021. Strategi Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Secara Daring Di Era Pandemi Covid-19. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Ahmad Hariandi, S.Pd.I., M.Ag., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Strategi Guru, Minat Belajar, Pembelajaran Secara Daring Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Proses Pembelajaran Secara Daring di Era Pandemi Covid-19. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 13/I Muara Bulian pada Januari-Februari 2021. Dengan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan guru dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yaitu: (1) Perencanaan guru telah mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan dalam pembelajaran menghubungkan bahan pelajaran yang diberikan dengan persoalan pengalaman yang dimiliki peserta didik, sehingga peserta didik mudah menerima bahan pelajaran dan memberikan kesempatan kepada peserta didik agar mereka mendapatkan hasil belajar yang baik dengan meyediakan lingkungan belajar yang efektif dan kondusif. (2) Pelaksanaan yang diterapkan guru dengan menggunakan media online dalam pembelajaran secara daring seperti WhatsApp dan telpon serta dengan menggunakan buku tema. (3) Evaluasi guru dilakukan dengan memberikan soal-soal materi pembelajaran kemudian membagikan kepada peserta didik untuk mengerjakan soal-soal. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa guru menggunakan strategi dalam meningkatkan minat belajar peserta didik pada proses pembelajaran secara daring terdapat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | HANNI EKA FEBLIYA |
Date Deposited: | 09 Jun 2021 02:53 |
Last Modified: | 09 Jun 2021 02:53 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |