Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Norma Apriola, Anggie (2021) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). S1 thesis, UNJA.

[img] Text
ANGGI- COVER SKRIPSI.pdf

Download (200kB)
[img] Text
pengesahan TTD.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ANGGI-DAFTAR ISI, GAMBAR, TABEL, LAM, FIX.pdf

Download (311kB)
[img] Text
ANGGI-BAB I.pdf

Download (435kB)
[img] Text
ANGGI-BAB V.pdf

Download (293kB)

Abstract

Apriola, Anggie Norma. 2021. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Mengkonstruksi Konsep pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV): Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Nizlel Huda, M.Kes. (2) Drs. Jefri Marzal, M.Sc.,D.I.T. Kata kunci: kemampuan komunikasi matematis, konstruksi konsep, Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep saat menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel. Tujuan penelitian ini untuk untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam mengkonstruksi konsep pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Islam Al Falah Jambi. Dari satu kelas sebagai calon subjek terbagi menjadi 3 kelompok berdasarkan prosedur pengerjaan di lembar jawaban. Dari tiap kelompok diambil 1 siswa yang dijadikan sebagai subjek penelitian. Instumen penelitian ini terdiri dari lembar tes yang menggunakan metode think aloud dan wawancara. Peneliti melakukan pengumpulan data, reduksi data, pemaparan data yang kemudian dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa satu siswa memenuhi semua indikator kemampuan komunikasi matematis dalam mengkonstruksi konsep materi SPLDV sedangkan kedua siswa memenuhi 2- 3 indikator dari 3 indikator kemampuan komunikasi matematis dalam mengkonstruksi konsep materi SPLDV. Dari kedua siswa tersebut, siswa kurang terbiasa dalam menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dan keinginan siswa untuk menyingkat penulisan jawaban serta kurang pemahaman yang kuat akan kompetensi dasar atau materi prasyarat yang diperlukan untuk menyelesaikan soal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Anggie Norma Apriola
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:18
Last Modified: 15 Jun 2021 07:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20353

Actions (login required)

View Item View Item