Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Berdasarkan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret

Safithri, Resdiana (2021) Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Berdasarkan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret. S2 thesis, universitas jambi.

[img] Text
Cover.pdf

Download (88kB)
[img] Text
Hal pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak (1).pdf

Download (124kB)
[img] Text
Daftar pustaka (1).pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Safithri, R. 2021. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning (PBL) dan Project Based Learning (PjBL) Berdasarkan Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret. Tesis, Program Magister Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing : (I) Dr. Drs. Syaiful, M.Pd., (II) Dr. Nizlel Huda, M.Kes. Pandemi COVID-19 mengakibatkan pembelajaran dilaksanakan secara daring, guru harus tetap mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa. PBL dan PjBL dilaksanakan dengan aplikasi Zoom Cloud Meeting membuat siswa dapat mengkonstruksi ide penyelesaian masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat apakah terdapat pengaruh penerapan pembelajaran PBL dan PjBL secara daring terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, serta melihat apakah terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa berdasarkan self efficacy dan melihat interaksinya. Desain penelitian menggunakan quasi experimental non-equivalent control group design, dengan populasi seluruh siswa kelas XI IPA SMA N 5 Kota Jambi, dengan teknik pengambilan sampel yaitu simple random sampling didapat 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu tes, angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian diuji dengan two way ANOVA, menunjukan terdapat pengaruh penerapan pembelajaran PBL dan PjBL secara daring terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa, juga terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang memiliki self efficacy tinggi, sedang, rendah yang diajarkan dengan PBL dan PjBL, dan juga terdapat iteraksi antara pembelajaran PBL dan PjBL dengan self efficacy siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hal ini dikarenakan, semakin baik metode yang digunakan, maka akan dapat membuat self efficacy dan juga kemampuan pemecahan masalah siswa menjadi semakin baik pula. Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, PBL, PjBL, Self Efficacy

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: RESDIANA SAFITHRI
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:37
Last Modified: 15 Jun 2021 07:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20607

Actions (login required)

View Item View Item