ANALISIS NILAI KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL TOKOH MOHAMMAD HATTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA

Fathoni, Ahmad and Purnomo, Budi and Indrayani, Nelly (2021) ANALISIS NILAI KARAKTER KEPEDULIAN SOSIAL TOKOH MOHAMMAD HATTA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
cover.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)

Abstract

Sumber belajar merupakan komponen yang sangat penting dalam kegiatan pembelajaran, dalam proses pembelajaran efektivitas pembelajaran sangat ditentukan oleh metode dan sumber belajar yang digunakan oleh seorang guru. Namun selama ini, sumber belajar yang digunakan di sekolah hanya terbatas pada guru dan buku saja. Seorang guru cenderung hanya menggunakan buku saja sebagai sumber belajar sehingga proses pembelajaran kurang berjalan dengan baik. Padahal di lingkungan banyak sekali yang bisa dijadikan sebagai sumber belajar oleh seorang guru, seperti pemanfaatan nilai-nilai karakter tokoh pejuang bangsa sebagai sumber belajar sejarah. Penelitian ini tentang menganalisis nilai karakter kepedulian sosial tokoh Mohammad yang di dalamnya terdapat 2 rumusan masalah yaitu bagaimana karakter kepedulian sosial tokoh Mohammad Hatta, bagaimana nilai-nilai karakter kepedulian sosial Mohammad Hatta sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Tujuan bagaimana karakter kepedulian sosial tokoh Mohammad Hatta, bagaimana nilai-nilai karakter tokoh Mohammad Hatta dijadikan sebagai sumber belajar sejarah di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder dengan teknik analisis data berupa analisis induksi melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini dilakukan di SMAN 11 Kota Jambi, Perpustakaan Universitas Jambi, Perpustakaan wilayah Provinsi Jambi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa, terdapatnya nilai-nilai kepedulian sosial pada diri Mohammad Hatta dalam membangun sistem perekonomian Indonesia melalui sistem ekonomi kerakyatan; 2) Terdapat tiga nilai-nilai karakter kepedulian sosial pada diri Mohammad Hatta yaitu, tolong menolong, mengutamakan kepentingan bersama, toleransi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan penerapan nilai karakter Mohammad Hatta sebagai sumber belajar sejarah di SMA dilakukan dengan cara: 1)Memasukkan nilai pendidikan karakter ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), disesuaikan dengan Kompentensi Dasar pada materi yang relevan seperti: K.D 3.10 Menganalisis persamaan dan perbedaan tentangstrategi pergerakan nasional, KD 3.7 Menganalisis peristiwa proklamasi kemerdekaan dan maknanya bagi kehidupan sosial, budaya, ekonomi, politik, dan pendidikan bangsa Indonesia, KD 3.3 Menganalisis perkembangan kehidupan politik dan ekonomi bangsa Indonesia pada masa awal kemerdekaan sampai masa Demokrasi Liberal.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: AHMAD FATHONI
Date Deposited: 17 Jun 2021 07:14
Last Modified: 17 Jun 2021 07:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20656

Actions (login required)

View Item View Item