ANALISIS KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK MELALUI KEGIATAN PERMAINAN PUZZLE ANGKA KELOMPOK B DI TK PEMBINA KABUPATEN TEBO

LESTARI, TRI ALDA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN PADA ANAK MELALUI KEGIATAN PERMAINAN PUZZLE ANGKA KELOMPOK B DI TK PEMBINA KABUPATEN TEBO. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)

Abstract

ABSTRAK Tri Alda Lestari. 2021. “Analisis kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui kegiatan permainan puzzle angka kelompok B di TK Pembina Kabupaten Tebo’”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Pembimbing II Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd. I Kata Kunci: Kemampuan berhitung permulaan, kegiatan permainan puzzle angka Berdasarkan hasil observasi awal pada tanggal 15 Januari 2020 pada jam 08.00 sampai jam 09.30 di TK Pembina Kabupaten Tebo ditemukan bahwa kemampuan berhitung permulaan peserta didik pada umumnya masih rendah, dari 15 anak masih terdapat 9 anak yang belum mampu berhitung permulaan yaitu AD, AB, AY, BI, CI, DL, EL, MR dan YN, serta 6 anak sudah terlihat memiliki kemampuan berhitung permulaan yaitu AN, AF, DN, FT, SI, dan UT, apabila pelajaran berhitung maka peserta didik rata-rata hanya mendapat dua bintang atau kategori mulai berkembang, masih kurang peserta didik yang sudah berkembang sesuai harapan atau berkembang sangat baik. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dini melalui kegiatan permainan puzzle angka Kelompok B di TK Pembina Kabupaten Tebo. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif, Populasi penelitian anak TK Kelompok B TK Pembina Kabupaten Tebo jumlah 25 anak, sedangkan sampel 15 anak menggunakan teknik pengambilan sampel random sampeling. Berdasarkan hasil dan pengolahan data, analisis kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui kegiatan permainan puzzle angka dalam berhitung bilangan kelompok B di TK Pembina Kabupaten Tebo berada pada kategori “Tinggi” (80%). Kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui kegiatan permainan puzzle angka dalam berhitung aljabar kelompok B di TK Pembina Kabupaten Tebo berada pada kategori “Tinggi” (81%). Kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui kegiatan permainan puzzle angka dalam berhitung ponggolongan kelompok B di TK Pembina Kabupaten Tebo berada pada kategori “Tinggi” (77.%). Kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui kegiatan permainan puzzle angka dalam berhitung membandingkan kelompok B di TK Pembina Kabupaten Tebo berada pada kategori “Tinggi” (79%). Kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui kegiatan permainan puzzle angka dalam berhitung pola-pola kelompok B di T TK Pembina Kabupaten Tebo berada pada kategori “Tinggi” (79%). Kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui kegiatan permainan puzzle angka dalam berhitung melalui pengukuran kelompok B di TK Pembina Kabupaten Tebo berada pada kategori “Tinggi” (79%). Kesimpulan pada penelitian yaitu Analisis kemampuan berhitung permulaan pada anak melalui kegiatan permainan puzzle angka Kelompok B di TK Pembina Kabupaten Tebo secara umum berada pada kategori “Tinggi” (79%).

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd Pembimbing II Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berhitung permulaan, kegiatan permainan puzzle angka
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: TRI ALDA LESTARI
Date Deposited: 18 Jun 2021 03:43
Last Modified: 18 Jun 2021 03:43
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/20817

Actions (login required)

View Item View Item