Evitasari, Weny and Sofwan, Muhammad and Hayati, Suci (2021) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJERIAL DIMASA PANDEMI COVID-19 DI SDIT ASY-SYIFA KOTA JAMBI. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf Download (320kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (304kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (188kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WENY EVITASARI (A1D117026) fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran selama pandemi Covid-19 menimbulkan perubahan-perubahan dalam perencanaan program dan pembelajaran, oleh karena itu kepala sekolah berperan penting dalam mengatasi hal tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai manajer dimasa pandemi Covid-19 di SDIT Asy-Syifa Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan berupa, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian data di analisis dengan menggunakan teknik analisis model Miles dan Hubersman, dengan melalui 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selanjutnya validitas data menggunakan trianggulasi data dengan trianggulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah sudah menjalankan perannya sebagai manajerial selama pandemi Covid-19 yaitu (1) peran kepala sekolah sebagai perencanaan, kepala sekolah membuat perencanaan yang tidak jauh berbeda dengan sebelumnya hanya saja pelaksanaan pembelajaran dilaksankaan secara daring dan program-program ekstrakulikuler tidak dapat terjalankan karena masih PJJ (pembelajaran jarak jauh), (2) kepala sekolah melaksanakan perannya dalam pengorganisasian, pengorganisasian disekolah sudah tersusun dan terstruktur sesuai dengan bidangnya masing-masing, (3) peran kepala sekolah dalam pengerakkan dan motivasi, yaitu memberikan arahan dan motivasi melalui forum rapat dan langsung terjun ke lapangan, dan (4) peran kepala sekolah dalam melaksanakan pengawasan, kepala sekolah memberikan pengawasan, kepala memberikan pengawasan secara langsung yaitu kondisi guru ketika mengajar dan tidak langsung melalui adm. Dari hasil penelitian ini di sarankan kepala sekolah harus melaksanakan perannya sebagai manajerial dengan baik dalam kondisi apapun. Sebagai kepala sekolah harus merencanakan, mengorganisasikan, menggerakkan, dan mengawasi agar proses KBM dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | WENY EVITASARI |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 07:17 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 07:17 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21137 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |