Pengembangan e-Komik Kimia Berbasis Etnosains Berbantuan Instagram pada Materi Koloid

INDAH, INDAH (2021) Pengembangan e-Komik Kimia Berbasis Etnosains Berbantuan Instagram pada Materi Koloid. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
COVER.pdf

Download (112kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (156kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (190kB)

Abstract

Komik adalah salah satu contoh dari media pembelajaran yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi. Komik memiliki beberapa jenis yakni; kartun/karikatur, komik potongan, buku komik, dan komik online. Peneliti kali ini mengembangkan komik online (e-komik), komik online merupakan langkah awal untuk mempublikasikan komik dengan biaya yang relatif lebih murah dibanding melalui media cetak. e-komik kimia berfungsi sebagai bahan ajar dalam pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru yang dapat dikaitkan dengan kearifan local atau etnosains daerah jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur mengembangkan e-komik kimia berbasis etnosains berbantuan instagram pada materi koloid, kelayakan e-komik kimia berbasis etnosains berbantuan instagram pada materi koloid serta mengetahui penilaian pratisi dan tanggapan peserta didik terhadap e-komik kimia berbasis etnosains berbantuan instagram pada materi koloid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan 4D, namun pada penelitian ini hanya dilakukan hingga development. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar pedoman wawancara dan angket. Produk hasil dari pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi serta dinilai oleh guru sebagai praktisi yang selanjutnya diuji cobakan pada kelompok kecil. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif (komentar dan saran) dan analisis data kuantitatif (skor jawaban dan persentase). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah Komik Elektronik berbasis Etnosains berbantuan Instagram pada materi Koloid yang telah divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, dan masing-masing diperoleh skor penilaian sebesar 66 dengan rerata 4,4 dan 68 dengan rerata 4,53 serta dinyatakan sangat layak untuk diujicobakan. Selanjutnya berdasarkan dari penilaian praktisi yaitu guru mata pelajaran kimia yang berisikan bahwa e-Komik Kimia yang dikembangkan telah sesuai dan sangat baik untuk diujicobakan pada peserta didik yang mana mendapatkan skor sebesar 70. Serta mendapatkan respon yang sangat baik dari peserta didik dengan persentase sebesar 86%. Berdasarkan proses pengembangan dan hasil penelitian, disimpulkan bahwa e-komik kimia ini sangat baik dan sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar pada materi koloid.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kimia
Depositing User: INDAH
Date Deposited: 23 Jun 2021 02:54
Last Modified: 23 Jun 2021 02:54
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21269

Actions (login required)

View Item View Item