wati waruwu, tira (2021) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI PERMAINAN BONGKAR PASANG KATA DI TK PELITA RAYA KOTA JAMBI. S1 thesis, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan.
![]() |
Text
Skripsi .pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
![]() |
Text
COV.pdf Download (18kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN pdf.pdf Download (159kB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (134kB) |
Abstract
Waruwu, Tira Wati. 2021. “Analisis Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Permainan Bongkar Pasang Kata di TK Pelita Raya Kota Jambi”: Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si, (II) Nyimas Muazzomi, S.Ag, M.Pd.I Kata Kunci : Kemampuan membaca permulaan, Permainan bongkar pasang kata. Membaca memiliki beberapa prinsip, diantaranya membaca merupakan interpretasi simbol-simbol yang berupa tulisan, dan membaca dapat diartikan juga mentranfer ide yang disampaikan oleh penulis bacaan. Seperti halnya anak TK Pelita Raya Kota Jambi kelas B sebanyak 9 anak yang kurang bisa dalam hal membaca permulaan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan anak dalam membaca permulaan melalui “permainan bongkar pasang kata” pada anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Raya Kota Jambi. Untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan dapat dilihat dari indikatornya yaitu kemampuan anak menyebutkan simbol- simbol huruf yang dikenal, kemampuan anak mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya, kemampuan anak menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama, kemampuan anak memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf , kemampuan anak membaca nama sendiri, kemampuan anak menuliskan nama sendiri dan kemampuan anak memahami arti kata dalam cerita Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh anak TK Pelita Raya Kota Jambi yang berjumlah 9 anak . Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Kriteria yang digunakan adalah anak yang berumur 5-6 tahun. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa pengisian angket oleh guru dengan mengamati kemampuan anak usia dini berkaitan dengan kemampuan membaca permulaan setelah melalukan permainan bongkar pasang kata. Teknik analisis data pada penelitian ini digunakan rumus persentase dari hasil pengisian angket. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa a) kemampuan anak menyebutkan simbol-simbol huruf yang dikenal dengan persentase 72,96% pada kualitas “baik”, b) kemampuan anak mengenal suara huruf awal dari nama benda-benda yang ada di sekitarnya dengan persentase 67,78% pada kualitas “baik”, c) kemampuan anak menyebutkan kelompok gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama dengan persentase 68,15% pada kualitas “baik”, d) kemampuan anak memahami hubungan antara bunyi dan bentuk huruf dengan persentase 64,44% pada kualitas “baik”, e ) kemampuan anak membaca nama sendiri dengan persentase 72,22% pada kualitas “baik”, f) kemampuan anak menuliskan nama sendiri dengan persentase 71,85% pada kualitas “baik” dan g) kemampuan anak memahami arti kata dalam cerita dengan persentase 69,74% pada kualitas “baik”. Dari Hasil Penelitian dan pembahasan yang dilakukan dengan rata-rata dari hasil pengisian angket sebesar 69,74%, maka dapat disimpulkan bahwa anak usia 5-6 tahun di TK Pelita Raya Kota Jambi memiliki kemampuan yang baik dalam membaca permulaan melalui permainan bongkar pasang kata.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | TIRA WATI WARUWU |
Date Deposited: | 22 Jun 2021 07:34 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21467 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |