Strategi Guru dalam Menananamkan Pendidikan Karakter di kelas IV SDN 111/I Muara Bulian.

Mayang, Vincentia Maria Magdalena (2021) Strategi Guru dalam Menananamkan Pendidikan Karakter di kelas IV SDN 111/I Muara Bulian. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER.1.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.1.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (150kB)

Abstract

Mayang, Vincentia Maria Magdalena. 2020. Strategi Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Di Kelas IV SDN 111/I Muara Bulian: Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing : (I) Muhammad Sofwan, S.Pd.,M.Pd., (II) Silvina Noviyanti, S.Pd.,M.Pd. Kata kunci : Strategi guru, pendidikan karakter, tanggung jawab. Penelitian ini di ambil berdasarkan hasil observasi awal, peneliti melihat karakter tanggung jawab peserta didik sudah cukup baik, hal ini terlihat pada kesadaran dan tanggung jawab dalam melaksanakan kewajibannya. Pada saat peserta didik melaksanakan tugas, peserta didik memiliki kesadaran untuk berpartisipasi mengikuti proses pembelajaran secara daring maupun luring dan mengumpulkan tugas sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru kelas IV di SDN 111/I Muara Bulian dalam menanamkan pendidikan karakter tanggung jawab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SDN 111/I Muara Bulian pada Januari – Februari 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara melakukan observasi kegiatan guru saat proses pembelajaran (sebagai data utama) dan wawancara dengan guru kelas IV (sebagai data penunjang). Adapun subjek penelitian ini adalah guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru di SDN 111/I Muara Bulian sudah baik dalam menanamkan pendidikan karakter. Guru kelas IV menggunakan beberapa strategi di dalam proses pelaksanaan pembelajaran agar tercapainya tujuan dari materi pembelajaran, baik pembelajaran secara luring maupun secara daring. Kesimpulan yang didapatkan dari hasil penelitian menunjukan bahwa guru menerapkan strategi pembelajaran yang dilakukan diantaranya berkolaborasi antara orang tua dan guru, memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan menerapkan Problem Based Learning (PBL).

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: Vincentia Maria Mm
Date Deposited: 28 Jun 2021 01:34
Last Modified: 28 Jun 2021 01:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21561

Actions (login required)

View Item View Item