PENGEMBANGAN E-LKPD BERKARAKTERISTIK BUDAYA JAMBI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Subakti, Dwiki Pasetya (2021) PENGEMBANGAN E-LKPD BERKARAKTERISTIK BUDAYA JAMBI MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS. S2 thesis, Magister Pendidikan Matematika.

[img] Text
Dwiki MPMAT(P2A919027) - Cover.pdf

Download (97kB)
[img] Text
Dwiki MPMAT(P2A919027) - Pernyataan, Persetujuan, Pengesahan.pdf

Download (244kB)
[img] Text
Dwiki MPMAT(P2A919027) - Abstrak.pdf

Download (280kB)
[img] Text
Dwiki MPMAT(P2A919027) - BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Dwiki MPMAT(P2A919027) - Daftar Pustaka.pdf

Download (277kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur dan hasil produk, mengetahui respon siswa dan penilaian guru, serta melihat ketercapaian peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa setelah menggunakan produk E-LKPD berkarakteristik Budaya Jambi, menggunakan model discovery learning berbasis STEM. Penelitian ini termasuk ke dalam Research and Development (R&D) dengan mengikuti kerangka model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Penelitian ini menggunakan metode gabungan yang akan menghasilkan dan mengolah data berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar wawancara, lembar penilaian berbentuk angket terbuka dan tertutup, serta soal tes awal dan tes akhir yang digunakan untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Produk E-LKPD didesain serta dikembangkan menggunakan software 3D Pageflip. Setelah terbentuk prototype awal selanjutnya divalidasi oleh ahli di bidang media, desain dan materi pembelajaran. Setelah produk E-LKPD dinyatakan valid, selanjutnya dinilai oleh guru dan siswa selaku pengguna dalam ujicoba satu-satu. Uji coba satu-satu ini digunakan untuk mendapatkan komentar dan saran perbaikan serta melihat kepraktisan dan kelayakan produk untuk dapat di ujikan ke kelompok kecil. Pengujian di kelompok kecil di awali dengan melakukan tes awal, selanjutnya melakukan proses pembelajaran menggunakan produk E-LKPD yang dikembangkan dan di akhiri dengan pelaksanan tes akhir untuk melihat keefektifan produk. Produk E-LKPD ini diimplementasikan di SMP Negeri 29 Kabupaten Tebo pada Bulan Februari 2021. Subjek penelitian ini adalah satu orang guru bidang studi matematika, delapan orang siswa dengan kemampuan berbeda yang dipilih khusus dari kelas IX B dan IX C dalam uji coba satu-satu. Serta 29 orang siswa kelas IX A yang terbagi menjadi dua sif yaitu sif A dan sif B dengan tiga kelompok siswa di masing-masing sifnya. Hasil pengembangan ini adalah sebuah E-LKPD pada materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Validasi oleh tim ahli menyatakan bahwa produk tersebut valid dan layak untuk diuji cobakan. Kemudian guru serta siswa dalam ujicoba satu-satu memberikan respon yang sama yaitu sangat positif dan menyatakan bahwa produk tersebut praktis dan layak untuk digunakan serta diujikan ke kelompok kecil. Penilaian siswa pada kelompok kecil diperoleh hasil bahwa: pada aspek pertama kejelasan materi produk dinilai sudah sangat jelas dengan persentase 89,77% pada sif A dan 86,98% pada sif B; aspek kedua dampak penggunaan produk kepada pengguna dinilai sudah sangat baik dan berdampak dengan persentase 94% pada sif A dan 88,57 pada sif B; aspek ketiga kelayakan produk dinilai sudah sangat layak dengan persentase 89,86% pada sif A dan 88,57% pada sif B; dan aspek keempat kemudahan penggunaan produk dinilai sudah sangat mudah digunakan dengan persentase 96,67% pada sif A dan 95,71% pada sif B. Analisis hasil tes awal dan tes akhir siswa dalam uji kelompok kecil dengan menggunakan pedoman penskoran kemampuan berpikir kreatif matematis diperoleh skor total tes awal siswa sebesar 202 dan skor total tes akhir siswa sebesar 562. Selanjutnya skor ini di analisis kembali menggunakan uji gain dan diperoleh hasil bahwa setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan produk E-LKPD yang dikembangkan, terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan nilai gain sebesar 0,590164 yang berada pada kategori sedang. Selanjutnya berdasarkan uji statistik t-test berpasangan diperoleh nilai Sig. (2-tailed) adalah sebesar 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil tes awal dan tes akhir siswa setelah pembelajaran menggunakan produk. Sehingga berdasarkan hasil ini maka dapat disimpulkan bahwa produk E-LKPD yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. E-LKPD tersebut dapat dikatakan sudah efektif untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran dalam materi bangun ruang sisi lengkung.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: DWIKI PRASETYA SUBAKTI
Date Deposited: 25 Jun 2021 08:18
Last Modified: 25 Jun 2021 08:18
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/21822

Actions (login required)

View Item View Item