Penerapan Program Pengembangan Profesi Guru Di SD IT Diniyah Al-Azhar Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

SUGANDI, SUGANDI Penerapan Program Pengembangan Profesi Guru Di SD IT Diniyah Al-Azhar Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sugandi. 2017. Penerapan Program Pengembangan Profesi Guru Di SD IT Diniyah Al-Azhar Kota Jambi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (1) Drs. Syahrial, M.Ed.PhD, (II) Prof.Dr.Drs. Eko Kuntarto. M.Pd. M.Comp Eng Kata kunci : Program Pengembangan, Profesi Guru Profesi guru merupakan sebuah profesi yang membutuhkan pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman khusus karena tidak semua orang bisa menjadi guru. Kemampuan guru atau yang disebut sebagai kompetensi guru yakni ada empat yaitu pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Untuk menguasai semua kompetensi tersebut tentunya guru harus mengikuti program pengembangan profesi agar potensi dan kemampuanya dapat terbina dan lebih meningkat lagi agar sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengembangan profesi guru yang ada di SD IT Diniyah Al-Azhar Kota Jambi dan untuk mendeskripsikan hasil dari penerapan program pengembangan profesi guru tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa dari kegiatan pengembangan profesi guru yang dilaksanakan di SD IT Diniyah Al-Azhar Kota Jambi, potensi dan kompetensi guru yang mengikuti program tersebut lebih terbina dengan baik serta lebih potensi dan kompetensinya bertambah. Seperti pada kompetensi guru dalam bidang profesional bertambah setelah guru mengikuti semua program kegiatan yang dikembangkan di SD IT Diniyah Al-Azhar Kota Jambi. Untuk kompetensi pedagogik guru bertambah setelah mengikuti program SIG, Parenting, dan seminar motivasi. Untuk kompetensi kepribadian dan sosial guru bertambah setelah mengikuti kegiatan Training leader ship, dan teacher exchange. Kesimpulanya program pengembangan profesi guru yang dilaksanakan di SD IT Diniyah Al-Azhar Kota Jambi secara keseluruhan terbilang bagus untuk diterapkan dan dikembangkan karna dapat meningkatkan dan membina potensi dan kompetensi guru.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sugandi
Date Deposited: 12 Oct 2017 09:06
Last Modified: 12 Oct 2017 09:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2194

Actions (login required)

View Item View Item