Sugiarti, Euis PENGEMBANGAN MODUL MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS- EXPLAIN) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PELUANG KELAS IX SMP N 12 TANJABTIM. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349
|
Text
Artikel Ilmiah euis.pdf Download (777kB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MODUL MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERVE-DISCUSS- EXPLAIN) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PELUANG KELAS IX SMP N 12 TANJABTIM Euis Sugiarti1), Roseli Theis2), Rohati2) 1) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi 2) Dosen Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi Email: euissugiarti@gmail.com ABSTRAK Keberhasilan pendidikan dalam proses pembelajaran ini pastinya sangat ditentukan oleh kerjasama antar guru dan siswa. Guru dituntut untuk mampu menyajikan materi pelajaran dengan optimum menggunakan kreatifitas dan gagasan baru untuk mengembangkan cara penyajiannya di sekolah. Oleh karena itu selaku guru diperlukan pengalaman dalam mengembangkan bahan ajar. Bahan ajar yang mayoritas digunakan dalam pembelajaran adalah bahan ajar dalam bentuk cetak. Salah satu alternatif bahan ajar dalam bentuk cetak yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa sesuai dengan karakteristiknya yaitu modul. Modul pembelajaran yang beredar saat ini sudah banyak. Namun modul tersebut belum mengoptimalkan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan strategi pembelajaran PDEODE dengan pendekatan saintifik ke dalam modul dapat melibatkan siswa secara kelompok untuk aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa modul mengguna-kan strategi pembelajaran PDEODE dengan pendekatan saintifik pada materi peluang kelas IX SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini mengembangkan bahan ajar cetak berupa modul. Untuk melihat keefektifan produk yang dihasilkan digunakan model pengembangan ADDIE dan instrumen berupa angket penilaian materi, desain modul, desain pembelajaran, angket persepsi guru, angket persepsi siswa, dan tes hasil belajar siswa. Setelah modul dibuat maka modul tersebut divalidasi oleh tim ahli. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli desain modul hingga modul dinyatakan layak untuk diujicobakan. Setelah modul divalidasi dan direvisi, maka selanjutnya dilaku-kan ujicoba. Uji coba dilakukan dengan meminta tanggapan dari guru matematika dan siswa sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil ujicoba tersebut, modul kembali direvisi jika kembali ditemukan kelemahan dan dilakukan evaluasi dan perbaikan sesuai saran dan komentar. Selanjutnya modul tersebut diterapkan pada kegiatan pembelajaran yang sebenarnya pada siswa kelas IX SMP N 12 TANJABTIM. Dari hasil analisis post-test yang dilakukan pada kegiatan akhir pembelajaran diperoleh 83,3% nilai siswa men-capai kriteria ketuntasan minimum. Hasil analisis dari angket tanggapan siswa diperoleh hasil penilaian 3,47 dengan kategori “baik”. Ini artinya modul yang dibuat sudah efektif. Sehingga modul ini bisa digunakan oleh guru dan siswa SMP khususnya pada pembelajaran materi peluang. Kata Kunci : Pengembangan Modul, Strategi Pembelajaran PDEODE, Pendekatan Saintifik, Peluang
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | EUIS SUGIARTI |
Date Deposited: | 12 Oct 2017 07:48 |
Last Modified: | 12 Oct 2017 07:48 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |