desi, desi (2021) STRATEGI GURU DALAM MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS PUISI PADA SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (389kB) |
Abstract
Desi. 2021. Strategi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran membaca teks puisi pada siswa kelas II sekolah dasar. FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Eko Kuntarto, M.Pd. M. Comp. Eng (II) Muhammad Sofwan, S.Pd. M.Pd. Kata Kunci: Strategi guru, Membaca Puisi Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana strategi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran membaca puisi pada siswa kelas II sekolah dasar. Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan dan dihubungkan dengan belajar mengajar. Strategi yang digunakan guru sangat penting dengan kondisi nyata bahwa pada saat ini pembelajaran dilakukan dengan melalui pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi strategi guru dalam mencapai tujuan pembelajaran membaca teks puisi pada siswa kelas IIA SD Negeri 66/IV Kota Jambi. Pengambilan data dilakukan dengan melalui kegiatan observasi yang dilakukan pada saat melakukan penelitian dan pra penelitian. Data diperoleh pada saat proses pembelajaran secara daring dengan menggunakan media Whatsapp. Data selanjutnya diperoleh dengan wawancara secara langsung dan dokumentasi berupa foto, video dan audio dan dokumentasi penunjang seperti RPP Daring. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan bahwa ibu wali kelas II A memilih metode demontrasi dalam membaca puisi, guru merancang perencanaan pembelajaran terlebih dahulu agar tujuan pengajaran dapat tercapai. Hal tersebut dapat dilihat bahwa siswa dapat membaca puisi, siswa dapat menirukan membaca puisi, dan siswa bisa menjelaskan makna puisi. Dari hasil penelitian disimpulkan: Strategi yang diterapkan oleh guru dalam membaca puisi pada saat pembelajaran dimasa pandemi dapat direspon baik oleh siswa kelas II sekolah dasar, dapat dilihat siswa sudah cukup baik dalam membaca puisi.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Desi |
Date Deposited: | 02 Jul 2021 03:20 |
Last Modified: | 02 Jul 2021 03:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |