PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI NO. 13/1 MUARA BULIAN

MALIDE, MATYAKIN PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI NO. 13/1 MUARA BULIAN. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349

[img]
Preview
Text
ARTIKEL ILMIAH A1D113029.pdf

Download (239kB) | Preview

Abstract

PERAN GURU DALAM PENGELOLAAN KELAS DI SD NEGERI NO. 13/1 MUARA BULIAN Diajukan Oleh: MATYAKIN MALIDE NIM A1D113029 PGSD FKIP UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Malide, Matyakin. 2017. “Peran Guru Dalam Pengelolaan Kelas Di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Nelyahardi Gutji, S.Pd, M.Pd. (2) Dwi Kurnia Hayati, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Pengelolaan Kelas Peran guru adalah seorang pendidik yang profesional yang menciptakan sikap dan prilaku siswa yang bernilai, bermoral dan religius. Di samping itu guru juga harus bisa membimbing peserta didiknya ke arah pendidikan yang lebih baik dan bermutu. Pengelolaan kelas adalah keterampilan guru dalam merencanakan, mengorganisasikan, mengaktualisasikan, serta melaksanakan pengawasan terhadap program dan suatu kegiatan yang ada di kelas sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara sistematis, efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui Peran Guru dalam Pengelolaan Kelas V di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian.” Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian ini di SD Negeri No 13/1 Muara Bulian, kecamatan Muara Bulian, kabupaten Batang Hari. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengecek keabsahan data dalam rangka membuktikan kesesuaian data penelitian dengan kenyataan di lapangan, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi peneliti. Teknik analisis data dimulai dari mereduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hasil wawancara dan observasi yang di peroleh, dari responden data yang diperoleh sama dengan hasil observasi. Pengelolaan kelas baik. Berdasarkan hasil observasi dengan wawancara yang dilakukan peniliti, tampak bahwa guru sudah baik dalam mengelola kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam pengelolaan kelas di SD Negeri No. 13/1 Muara Bulian terkait indikator peran guru dalam pengelolaan kelas yang pertama yaitu menciptakan iklim belajar mengajar yang tepat, kedua mengatur ruang belajar, dan ketiga mengelola interaksi belajar. Dari ketiga indikator tersebut terlihat guru dapat menciptakan iklim belajar mengajar yang tepat kepada kelas V Guru melakukan pengaturan ruang belajar. Guru mengelola interaksi belajar mengajar kepada siswa Adanya peran guru dalam pengelolaan kelas sehingga proses pembelajan berjalan dengan lancar dari awal pembelajaran hingga akhir pembelajaran dan tercapainya suatu tujuan pembelajaran dengan maksimal.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: MATYAKIN MALIDE
Date Deposited: 16 Oct 2017 07:26
Last Modified: 16 Oct 2017 07:26
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2223

Actions (login required)

View Item View Item