Lestari, Rina Dewi and Kuntarto, Eko and Sholeh, Muhammad (2021) Strategi Guru Menumbuhkan Minat Membaca Siswa Hiperaktif pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III C sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN ttd.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (268kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (157kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (157kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru kelas III C dalam menumbuhkan minat membaca siswa hiperaktif pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 76/IX Mendalo Darat pada Januari–Februari 2021. Data dalam penelitian ini berupa deskripsi tentang strategi guru dalam menumbuhkan minat membaca siswa hiperaktif pada masa pandemi covid-19, yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Dengan subjek penelitian yaitu guru kelas III C. Setelah pengumpulan data, kemudian dilakukan analisis data secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi guru menumbuhkan minat membaca siswa hiperaktif pada masa pandemi covid-19 di kelas III C yaitu, guru melakukan pendekatan terlebih dahulu dengan siswa untuk mengetahui kesukaan dan kesenangan dari siswa. guru menyediakan dabuku cerita bergambar sesuai dengan hal yang disukai siswa. Guru memberi perintah membaca 10 menitsebelum mengumpulkan tugas. Guru memberi motivasi dan dorongan agar siswa lebih semangat. Simpulan dari penelitian ini adalah pada masa pandemi covid ini, kegiatan pembelajaran dilaksanakan di rumah dengan pengumpulan tugas secara langsung di hari sabtu. Meskipun begitu kegiatan menumbuhkan minat membaca siswa hiperaktif agar siswa tidak tertinggal dalam membaca, namun harus tetap dilaksanakan dengan tetap mematuhi aturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Karena itu, guru berperan penting untuk menumbuhkan minat membaca siswa hiperaktif pada masa pandemi covid-19
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | LESTARI |
Date Deposited: | 13 Jul 2021 03:21 |
Last Modified: | 13 Jul 2021 03:21 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22432 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |