LESTARI, NOVI IDENTIFIKASI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI TK KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI. Jurnal Penelitian Universitas Jambi. ISSN 0852-8349
|
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (525kB) | Preview |
Abstract
IDENTIFIKASI PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DI TK KECAMATAN SUNGAI GELAM KABUPATEN MUARO JAMBI Diajukan Oleh: NOVI LESTARI NIM A1F113033 PG PAUD UNIVERSITAS JAMBI ABSTRAK Lestari, Novi. 2017. Identifikasi Pelaksanaan Model Pembelajaran Sentra di TK Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si dan Pembimbing II Nyimas Muazzomi S.Ag., M.Pd.I. Kata Kunci : Identifikasi, Model Pembelajaran Sentra. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran sentra di TK Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi, serta mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran sentra dalam hal persiapan, proses pembelajaran dan evaluasi. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru sentra yang berada di Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tehnik pengumpul data yaitu angket, observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diolah secara keseluruhan, dihasilkan bahwa identifikasi pelaksanaan model pembelajaran sentra di TK Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi berada pada kualitas “Baik”. Terbukti dari hasil rata-rata bobot angket sebesar 78% dan hasil rata-rata bobot observasi sebesar 76% serta di perkuat hasil wawancara dimana sebagain besar guru telah melaksanakan model pembelajaran sentra sesuai dengan tahapannya. Dari hasil analisis data tersebut berdasarkan indikator, dapat disimpulkan identifikasi pelaksanaan model pembelajaran sentra dalam hal persiapan berada pada kualitas “Baik” dengan hasil angket 76% dan hasil observasi 76% serta hasil wawancara yang membuktikan sebagain besar guru telah melaksanakan tahap persiapan sesuai dengan prosedurnya, dalam hal proses pembelajaran berada pada kualitas “Baik” dengan hasil angket sebesar 80% dan hasil observasi sebesar 76% serta hasil wawancara yang juga membuktikan bahwa sebagain besar guru-guru telah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan tahapan-tahapannya dan pada tahap evaluasi berada pada kualitas “Baik” dengan hasil angket 76% serta hasil observasi sebesar 74% serta diperkuat dengan hasil wawancara yang membuktikan bahwa sebagian besar guru-guru telah melaksankan proses evaluasi sesuai dengan prosedurnya. Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memacu semangat para guru dan lembaga untuk dapat meningkatkan kualitas pelaksanakan model pembelajaran sentra yang lebih baik lagi kedepannya, agar dapat mengoptimalkan seluruh perkembangan anak sehingga dapat mencetak generasi bangsa yang berkualitas
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NOVI LESTARI |
Date Deposited: | 18 Oct 2017 03:41 |
Last Modified: | 18 Oct 2017 03:41 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2255 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |