IMPLEMENTASI PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH BERBASIS KOMPUTER (USBK) DI SMPN 5 KOTA SUNGAI PENUH

ZEKMANA, BENNI (2021) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH BERBASIS KOMPUTER (USBK) DI SMPN 5 KOTA SUNGAI PENUH. S2 thesis, TEKNOLOGI PENDIDIKAN.

[img] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (604kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (64kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI PELAKSANAAN UJIAN SEKOLAH BERBASIS KOMPUTER (USBK) DI SMPN 5 KOTA SUNGAI PENUH Oleh : Benni Zekmana NIM: P2A119019 Program Studi Magister Teknologi Pendidikan Ujian sekolah berbasis komputer (USBK) merupakan sistem ujian sekolah dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Hal ini berbeda dengan sistem ujian sekolah berbasis kertas atau biasa disebut dengan paper based test (PBT) yang selama ini sudah berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan mengenai tahapan serta proses pelaksanaan ujian sekolah berstandar komputer (USBK) menggambarkan dan menjelaskan bagaimana penerapan ujian sekolah berbasis komputer ,menggambarkan dan menganalisis tingkat keberhasilan pelaksanaan ujian sekolah berbasis komputer mendeskripsikan kendala-kendala dalam pelaksanaan ujian sekolah berbasis komputer di SMPN 5 Kota Sungai Penuh. metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. desain penelitian ini menggunakan informan yaitu kepala sekolah, guru, siswa serta operator USBK. Partisipan guru yang mengajar di kelas dapat dilihat dari data demografi peserta berupa jenis kelamin, masa kerja tingkat kependidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ujian menggunakan komputer atau USBK memberikan dampak baik bagi guru, pihak sekolah, dan siswa. Untuk guru dengan adanya ujian menggunakan komputer ini lebih mudah untuk mengoreksi hasil ujian siswa, bagi pihak sekolah USBK ini membantu mengetahuit kualitas dan mutu pendidikan sekolah serta pemahaman materi pembelajaran siswa, kemudian siswa dapat meningkatkan kepercayaan diri dan nilai kejujuran serta transparansi dalam pelaksanaan ujian. Serta dapat membantu siswa dalam pemahaman ilmu teknologi. Kata Kunci : Implementasi, Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK)

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: BENNI ZEKMANA
Date Deposited: 13 Jul 2021 02:35
Last Modified: 13 Jul 2021 02:35
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22638

Actions (login required)

View Item View Item