PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DAN FUNGSI RASIONAL BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENCE DAN FIELD INDEPENDENCE

Iis Handayani, Khairisti (2021) PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DAN FUNGSI RASIONAL BERDASARKAN TEORI APOS DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENCE DAN FIELD INDEPENDENCE. S2 thesis, pascasarjana pendidikan matematika.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN DAN HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (535kB)
[img] Text
ABSTRAK TESIS.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Pembelajaran yang tepat dengan mempertimbangkan gaya kognitif peserta didik dapat membantu peserta didik dalam menguasai materi pembelajaran. Apabila siswa mampu menguasai materi pembelajaran, maka membantu siswa dalam mencapai kemampuan matematika. Salah satu kemampuan matematika yang penting adalah pemahaman matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman untuk mengetahui pemahaman siswa pada materi fungsi kuadrat dan fungsi rasional berdasarkan teori APOS pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependence (FD) dan field independence (FI) pada materi fungsi kuadrat dan fungsi rasional di kelas X MIIA1. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari 3 siswa dengan gaya kognitif field dependence dan 3 siswa dengan gaya kognitif field independence. Metode pengambilan data adalah tes dan wawancara. Instrument dalam penelitian adalah peneliti sendiri dibantu dengan tes GEFT sebagai instrumen pemilihan calon subjek penelitian, tes kemampuan pemahaman siswa pada materi fungsi kuadrat dan fungsi rasional, dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Miles dan Hubermen. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa dengan gaya kognitif field dependence lebih cenderung mengaplikasikan metode penyelesaian soal tidak bersumber dari pikirannya, hanya menerima pola yang sudah diajarkan. Siswa dengan gaya kognitif field independence cenderung memahami tipe-tipe soal dan menggunakan factor internal.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: KHAIRISTI IIS HANDAYANI
Date Deposited: 12 Jul 2021 03:37
Last Modified: 12 Jul 2021 03:37
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/22686

Actions (login required)

View Item View Item