PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI

RAHMI LESTARI, TRI PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN ALTERNATIF PEMECAHANNYA DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. (Submitted)

[img]
Preview
Text
I1A213014-ARTIKEL.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tri Rahmi Lestari, Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Dan Alternatif Pemecahannya di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Problematika Pembelajaran Bahasa Arab di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi yang ditinjau dari segi linguistik, psikologis dan pedagogis serta alternatif pemecahannya untuk mengatasi problematika tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab di sekolah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil objek penelitian di SMA Islam Al-Falah Kota Jambi. Pengambilan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan sumber data adalah guru mata pelajaran bahasa Arab dan para siswa kelas XII IPS. Analisis data menggunakan tahapan melalui : Pengumpulan data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian tentang problematika pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas XII IPS antara lain : siswa masih sulit menerjemahkan sebuah bacaan, siswa kesulitan dalam menulis bahasa Arab dengan dikte, latar belakang siswa, kurangnya motivasi siswa, kurangnya hubungan timbal balik antara guru dan siswa, kurangnya media pembelajaran. Pemecahan problematika pembelajaran bahasa Arab dilakukan dengan kegiatan ekstrakulikuler memperdalam kosakata (mufrodat), memotivasi siswa untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap pembelajaran bahasa Arab agar lebih rajin dan giat belajar, guru memberikan tugas menghafal mufrodat dan menerjemahkan suatu kalimat setiap kali memulai pelajaran, melatih siswa menulis Arab, memberikan pengajaran kepada siswa dengan metode berbeda yang lebih menarik agar siswa termotivasi untuk belajar bahasa Arab, guru mengklasifikasi kemampuan siswa dalam mengenal bahasa Arab dengan klasifikasi baik, sedang, dan kurang, guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan memberi pertanyaan tentang materi pelajaran. Kata Kunci : Problematika pembelajaran bahasa Arab, alternatif pemecahan problem pembelajaran bahasa Arab

Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Depositing User: TRI RAHMI LESTARI
Date Deposited: 20 Oct 2017 08:48
Last Modified: 20 Oct 2017 08:48
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2302

Actions (login required)

View Item View Item