KONSEP DIRI SISWA SMPN 4 KOTA JAMBI

PRATIWI, MELIYANA EKA (2021) KONSEP DIRI SISWA SMPN 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
cover.pdf

Download (62kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (30kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (582kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (94kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (118kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (172kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (294kB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (85kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya gejala yang seharusnya tidak terjadi pada proses perkembangan remaja. Gejala yang terlihat pada siswa seperti tidak percaya diri akan penampilan dirinya, kurang peduli terhadap motivasi-motivasi yang diberikan oleh guru, tidak mematuhi peraturan sekolah, kepedulian siswa terhadap keadaan sekitar rendah, bahkan mengadopsi tindakan dan perilaku dari media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan kualitas konsep diri siswa SMPN 4 Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di SMPN 4 Kota Jambi. Jumlah sampel sebanyak 85 responden, penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Alat pengumpulan dara menggunakan angket atau kuesioner dengan model skala likert dengan alternative lima pilihan jawaban. Kemudian penelitian ini mengolah data menggunakan rumus persentase formula C dan dideskripsikan menggunakan kriteria penafsiran persentase. Hasil penelitian menunjukkan 73,71% siswa di SMPN 4 Kota Jambi secara keseluruhan memiliki konsep diri dengan kualitas baik. Jika dilihat perindikator deskripsi data, aspek diri fisik memiliki persentase 69,88% berada pada kualitas baik, aspek diri etik-moral memiliki persentase 85,23% berada pada kualitas baik, aspek diri pribadi memiliki persentase 64,47% berada pada kualitas baik, aspek diri keluarga memiliki persentase 75,76% berada pada kualitas baik, dan aspek diri sosial memiliki persentase 71,67% juga berada pada kualitas baik. Hasil di atas menunjukkan bahwa kualitas konsep diri siswa berada pada kualitas baik. Hendaknya guru BK dapat memberikan layanan bimbingan dan konseling untuk meningkatkan kualitas konsep diri siswa. Kata kunci: Konsep Diri

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: MELIYANA EKA PRATIWI
Date Deposited: 23 Jul 2021 06:55
Last Modified: 23 Jul 2021 06:55
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/23923

Actions (login required)

View Item View Item