RADEN ADJENG KARTINI : PEMIKIRAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI

MUSTIKA, HINDUN (2021) RADEN ADJENG KARTINI : PEMIKIRAN DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMAN TITIAN TERAS H. ABDURRAHMAN SAYOETI. S1 thesis, FKIP.

[img] Text
cover.pdf

Download (200kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (310kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (407kB)
[img] Text
persetujuan n pengesahan.pdf

Download (337kB)
[img] Text
SKRIPSI HINDUN MUSTIKA-dikompresi_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Mustika, Hindun. 2017. Raden Adjeng Kartini : Pemikiran Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti: Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Budi Purnomo, M.Hum.,M.Pd (II) Isrina Siregar, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Raden Adjeng Kartini, Pemikiran, Pembelajaran Sejarah. Pembelajaran Sejarah merupakan bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang asal muasal, perkembangan, dan kegiatan masyarakat yang terjadi dimasa lalu. Pembelajaran sejarah identik dengan tokoh-tokoh nasional yang memiliki pemikiran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah. Namun banyak sekolah yang belum mengimplementasikan pemikiran tokoh nasionalnya. Terdapat banyak tokoh nasional di Indonesia salah satunya Raden Adjeng Kartini beliau adalah pahlawan nasional, di bidang pendidikan dan emansipasi wanita. Raden Adjeng Kartini menghasilkan banyak pemikiran dibidang pendidikan. Hal ini tentunya akan sangat baik bagi kehidupan pendidikan jika pemikiran beliau dapat diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran Raden Adjeng Kartini dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti dan untuk mengetahui implementasi pemikiran Raden Adjeng Kartini dalam pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pemikiran Raden Adjeng Kartini dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti adalah (1) Dari hasil observasi tedapat 5 pemikiran diimplementasikan diantaranya, persamaan, relasi guru dan siswa, metode mengajar dengan permainan, keaktifan menulis, ekstrakulikuler PMR. (2) Hasil kuesioner (Angket), menunjukkan tingkat implementasi pemikiran Raden Adjeng Kartini di dalam pemebelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti 86% (sangat baik). (3) Hasil wawancara guru sejarah dan Wakil kepala Kurikulum diketahui terdapat 7 pemikiran yang diimplementasikan, diantaranya, persamaan, metode mengajar bercerita dan permainan, ekstrakulikuler, relasi guru dan siswa, keaktifan menulis. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa terdapat 6 implementasi pemikiran Raden Adjeng Kertini dalam pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS 1 SMAN Titian Teras H. Abdurrahman Sayoeti diataranya: Persamaan, mengajar dengan permainan, dan mendongeng, ekstrakulikuler (pendidikan kesehatan PMR, pendidikan rumah tangga, pendidikan kesenian merenda / menjahit, pendidikan budi pekerti), (komunikasi tidak ditemukan sewaktu observasi), relasi guru dan siswa seperti orang tua dan anak, serta keaktifan menulis siswa.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: MUSTIKA
Date Deposited: 27 Jul 2021 04:15
Last Modified: 27 Jul 2021 04:15
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24548

Actions (login required)

View Item View Item