Serangga Penyerbuk dan Predator Pengunjung Bunga Pada Budidaya Tanaman Labu Madu (Cucurbita moschata Dusch) dan Jagung Manis (Zea mays L. saccharata Sturt)

Mikha Rosio, Hutagaol (2021) Serangga Penyerbuk dan Predator Pengunjung Bunga Pada Budidaya Tanaman Labu Madu (Cucurbita moschata Dusch) dan Jagung Manis (Zea mays L. saccharata Sturt). S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (94kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (73kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelimpahan jenis, frekuensi dan waktu kunjungan serangga penyerbuk dan predator pengunjung bunga labu madu dan jagung manis. Penelitian dilaksanakan di Teaching and Research Farm dan Laboratorium Hama Tanaman, Fakultas Pertanian, Universitas Jambi dari bulan November 2020 hingga Februari 2021. Metode yang digunakan yaitu metode pengamatan secara langsung pada beberapa sampel tanaman yang telah ditentukan secara sistematik berpola garis diagonal (X) pada lahan budidaya (Untung, 1993) dan pengkoleksian jenis serangga menggunakan sweeping net. Pengamatan serangga dimulai dari pukul 07.00-18.00 WIB pada 1 tanaman labu madu dan 1 tanaman jagung manis dan diamati kembali di minggu berikutnya selama fase generatif. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan dibuat grafik untuk membandingkan setiap jenis serangga yang berkunjung. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 4 jenis serangga penyerbuk dan 5 jenis serangga predator yang termasuk ke dalam 3 ordo, 4 famili, dan 7 genus yang mengunjungi bunga labu madu dan jagung manis. Ordo Hymenoptera merupakan jenis serangga yang paling dominan berkunjung.. Frekuensi kunjungan serangga paling tinggi terdapat pada spesies Apis cerana dengan rata-rata kunjungan sebanyak 15,1 kali pada bunga labu madu dan 17 kali pada bunga jagung manis. Grafik frekuensi kunjungan juga menunjukkan waktu kunjungan spesifik serangga, yaitu pukul 07.00-11.00 WIB pada tanaman labu madu dan pukul 07.00-10.00 WIB pada tanaman jagung manis. Kata kunci: Serangga penyerbuk, predator, labu madu, jagung manis.

Type: Thesis (S1)
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian > Agroekoteknologi
Depositing User: MIKHA ROSIO HUTAGAOL
Date Deposited: 28 Jul 2021 06:50
Last Modified: 28 Jul 2021 06:50
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24721

Actions (login required)

View Item View Item