HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI

SUSANTI, TRI HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. HUBUNGAN POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI TK NEGERI PEMBINA 2 KOTA JAMBI. (Submitted)

[img] Text
TRI SUSANTI - ARTIKEL SKRIPSI.pdf

Download (112kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berlatar belakang berdasarkan fenomena yang terlihat di lapangan yaitu sekolah TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Adanya kemampuan emosional yang dimiliki anak berbeda-beda serta pola asuh orang tua yang berbeda. Peneliti lebih berfokus pada pola asuh demokratis. Cara yang dilakukan peneliti untuk melihat pola asuh demokratis dengan menyebarkan angket terlebih dahulu untuk melihat orang tua yang memiliki pola asuh demokratis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat hubungan antara pola asuh demokratis dengan perkembangan emosional anak usia dini di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pola asuh demokratis dengan perkembangan emosional anak usia dini di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pola asuh demokratis dengan perkembangan emosional anak usia dini Jenis penelitian ini adalah korelasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 85 responden yang memiliki pola asuh demokratis. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling, karena jumlah populasi kurang dari 100 orang sehingga seluruh anggota populasi dipilih sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket 30 item pernyataan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis untuk mengetahui hubungan antara kedua variabel tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai uji korelasi antara pola asuh demokratis dengan perkembangan emosional anak adalah 0,599 (P>0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh demokratis dengan perkembangan emosional anak usia dini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hubungan pola asuh dengan perkembangan emosional anak usia dini di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi menunjukkan pola hubungan yang sedang. Kata Kunci : Pola Asuh Demokratis, Perkembangan emosional anak usia dini

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: TRI SUSANTI
Date Deposited: 27 Nov 2017 03:42
Last Modified: 27 Nov 2017 03:42
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2492

Actions (login required)

View Item View Item