RAHAYU, WIWIT SRI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAMELALUI MODELSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD)DI KELAS II SEKOLAH DASAR. JURNAL MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWAMELALUI MODELSTUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD)DI KELAS II SEKOLAH DASAR.
![]() |
Text
ARTIKEL_ILMIAH_A1D113054_WIWITSRI RAHAYU.pdf Download (253kB) |
Abstract
ABSTRAK Rahayu, Sri, Wiwit.2017. “MeningkatkanMotivasiBelajarSiswaMelalui Model Student Teams Achievement Division (STAD) di Kelas II SekolahDasar”. Skripsi. Program StudiPendidikan Guru SekolahDasar, JurusanIlmuPendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Syahrial, M.Ed, Pd.D. pembimbing (2) Drs. Maryono, M.Pd Kata Kunci: Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Devision (STAD) Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataannya bahwa masih banyak siswa kelas II Sekolah Dasar yang belum memiliki motivasi belajar yang tinggi. Hal ini terlihat pada proses pembelajaran tidak semua siswa yang mau memperhatikan guru ketika guru menjelaskan dan masih banyak siswa yang tidak mengerjakan tugas dengan sungguh-sungguh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melaui model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) pada siswa kelas II Skolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi motivasi belajar siswa dan observasi guru yang dilakukan pada tiap proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD). Penelitian ini dilakukian dalam empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas II sekolah dasar. Berdasarkan lembar observasi motivasi belajar siswa menunjukkan adanya peningkatan, terbukti dari siklus I Pertemuan I Terdapat 7 orang siswa dan pada Pertemuan II terdapat 10 siswa yang telah memiliki motivasi belajar. Kemudian pada siklus II pertemuan I terdapat 13 orang siswa dan pada apertemuan II terdapat 17 siswa yang memiliki motivasi belajar. Dalam hal ini disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II sekolah dasar.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | WIWIT SRI RAHAYU |
Date Deposited: | 28 Nov 2017 07:50 |
Last Modified: | 28 Nov 2017 07:50 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2495 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |