PROSES BERPIKIR SISWA DALAM NEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL YANG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY

Anjani, Rifni (2021) PROSES BERPIKIR SISWA DALAM NEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL YANG DITINJAU DARI TIPE KEPRIBADIAN KEIRSEY. S2 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
1.COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Image
CamScanner 07-28-2021 12.45_1.jpg

Download (311kB)
[img] Text
4.HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (205kB)
[img] Text
13.BAB V PASCA SEMHAS.pdf

Download (96kB)
[img] Text
14.DAFTAR PUSTAKA PASCA SEMHAS.pdf

Download (241kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah matematika materi sistem persamaan linear tiga variabel yang ditinjau dari tipe kepribadian Keirsey. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposeful sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 2 Muaro Jambi yang berjumlah 30 orang dan dipilih 2 orang dari masing-masing tipe kepribadian. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: tes tipe kepribadian Keirset, tes kemampuan pemecahan masalah dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah dan mempersiapkan data untuk dianalisis, membaca keseluruhan data, memulai coding semua data, menerapkan coding untuk mendeskripsikan tema yang akan di analisis, menunjukkan bagaimana deskripsi dan tema-teman yang akan di sajikan dalam laporan, dan pembuatan interpretasi. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa setiap tipe kepribadian mempunyai proses berpikir yang berbeda-beda. Tipe kepribadian guardian melakukan proses berpikir asmilasi dan abstraksi pada langkah pemecahan masalah Polya dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan perencanaan, dan melakukan proses berpikir asimilasi pada langkah memeriksa kembali jawaban. Tipe kepribadian artisan melakukan proses berpikir asmilasi dan abstraksi pada langkah pemecahan masalah Polya dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan perencanaan, dan melakukan proses berpikir asimilasi pada langkah memeriksa kembali jawaban. Tipe kepribadian rational melakukan proses berpikir asmilasi dan abstraksi pada langkah pemecahan masalah Polya dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan perencanaan, dan memeriksa kembali jawaban. Tipe kepribadian idealist melakukan proses berpikir asmilasi dan abstraksi pada langkah pemecahan masalah Polya dalam memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan perencanaan, dan melakukan proses berpikir asimilasi pada langkah memeriksa kembali jawaban.

Type: Thesis (S2)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RIFNI ANJANI
Date Deposited: 28 Jul 2021 07:01
Last Modified: 28 Jul 2021 07:01
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/24973

Actions (login required)

View Item View Item