Liance, Deby Yunita and Arsil, Arsil and Noviyanti, Silvina (2021) Strategi Guru Melaksanakan Kegiatan Pembelajaran Masa Pandemi Covid 19 Di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
STRATEGI GURU MELAKSANAKAN KEGIATAN PEMBELAJARAN MASA PANDEMI COVID 19 DI SEKOLAH DASAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
Cover.pdf Download (928kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (37kB) |
![]() |
Text
Halaman Persetujuan.pdf Download (334kB) |
![]() |
Text
Halaman Pengesahan.pdf Download (344kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Liance, Deby Yunita. 2021. Strategi Guru Melaksanakan Pembelajaran Masa Pandemi Covid-19 Sekolah Dasar. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Arsil, M.Pd. (II) Silvina Noviyanti, S.Pd.,M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Pembelajaran Dalam Jaringan, Pandemi Covid-19 Pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia membuat sistem pendidikan dilaksanakan secara daring atau jarak jauh. Guru sebagai pendidik dan juga pelaksana pembelajaran harus siap menghadapi situasi tersebut. Karna itu guru harus memiliki strategi dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut dilakukan agar pembelajaran dapat dilakukan secara efektif Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 di kelas II B SD Negeri 131/IV Kota Jambi Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 131/IV Kota Jambi tepatnya pada bulan Januari-Februari 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas II B SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data didapatkan maka akan dianalisis menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah guru kelas II B SD Negeri 131/IV Kota Jambi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru dalam melaksanakan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 : (1) Strategi dalam Perencanaan yaitu a) Pengarahan pada orang tua peserta didik, b) pembentukan grup chat kelas II; (2) Strategi dalam Pelaksanaan yaitu a) Strategi Menjelaskan materi Melalui Video Pembelajaran dan aplikasi Online, b) Strategi Menggunakan LKPD berbasis project based learning; (3) Strategi dalam Evaluasi yaitu strategi pemberian batas waktu pengumpulan tugas. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas II B SD Negeri 131/IV Kota Jambi di masa pandemi covid-19 yakni dengan menggunakan strategi perencanaan, strategi pelaksanaan yang menggunakan project based learning, dan strategi evaluasi. Strategi yang dilakukan disesuaikan dengan pedoman pembelajaran selama masa pandemi covid-19. Guru diharapkan dapat meningkatkan strategi dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi covid-19.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Kaban |
Date Deposited: | 04 Aug 2021 02:19 |
Last Modified: | 04 Aug 2021 02:19 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/25163 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |