MIRANDA RIZKY PUTRI, MIRANDA RIZKY PUTRI (2021) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI MIRANDA RIZKY PUTRI (RRA1E116034).docx Restricted to Repository staff only Download (600kB) |
![]() |
Text
COVER-converted.pdf Download (49kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN, PENGESAHAN.pdf Download (419kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK-converted.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
BAB I-converted.pdf Download (88kB) |
![]() |
Text
BAB V-converted.pdf Download (92kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA PDF.pdf Download (35kB) |
Abstract
ABSTRAK Judul Skripsi : Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa di SMPN 4 Kota Jambi Nama : Miranda Rizky Putri Nim : RRA1E116034 Dosen Pembimbing I : Drs. Suparjo Herlambang, M.Pd Dosen Pembimbing II : Fellicia Ayu Sekonda, S.Psi.,M.Pd Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya gejala yang seharusnya tidak terjadi pada proses pembelajaran. Gelaja yang terlihat pada siswa adalah seperti tidak fokus dalam belajar dan pada saat jam pelajaran berlangsung siswa cepat bosan dan cenderung malas untuk mendengarkan penjelasan guru, hal itu yang membuat kemandirian belajar siswa kurang. Siswa lebih suka melihat tugas teman nya ketimbang harus mengerjakan sendiri, dan ada juga siswa yang tidak bertangung jawab atas tugas nya , siswa tidak pernah mengumpulkan tugas dengan tepat waktu. Fenomena tersebut diperoleh berdasarkan wawancara langsung dengan Guru BK di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan apakah terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasional, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 4 Kota Jambi. Populasi dalam penelitian ini 215 siswa, sampel dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampel simple random sampling (Pengambilan sampel secara acak). Pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar dengan korelasi nilai r hitung = 0,343 lebih besar dari r tabel = 0,1631 (0,343 > 0,1631). Dengan demikian korelasi tersebut dinyatakan positif dan signifikan. Maka berdasarkan hasil uji hipotesis dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa. Dengan demikian adanya hubungan positif dan signifikan antara variabel motivasi belajar (X) dengan variabel kemandirian belajar (Y). Guru BK dapat bekerja sama dengan orangtua untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan kemandirian belajar siswa. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | PUTRI |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:30 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 03:30 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27032 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |