Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Makroskopis, Submikroskopis, dan Simbolik dengan Materi Pergeseran Kesetimbangan Kimia untuk SMA

Zuliatandhy, Rindy Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Makroskopis, Submikroskopis, dan Simbolik dengan Materi Pergeseran Kesetimbangan Kimia untuk SMA. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Makroskopis, Submikroskopis, dan Simbolik dengan Materi Pergeseran Kesetimbangan Kimia untuk SMA.

[img] Text
ARTIKEL RINDY ZULIA.pdf

Download (595kB)

Abstract

Ilmu kimia merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa SMA/MA,karena karakteristik ilmu kimia adalah makroskopis, submikroskopis dan simbolik sehingga diperlukan kemampuan siswa dalam memahami konsep.Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari ilmu kimia, maka dikembangkan media pembelajaran berbasis makroskopis, submikroskopis dan simbolik pada materi Pergeseran Kesetimbangan Kimia.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan media pembelajaran berbasis makroskopis, submikroskopis dan simbolik serta mengetahui respon siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pelepat Ilir terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian pengembangan ini menggunakan konsep ADDIE, dengan langkah: analisis, desain,pengembangan, implementasi dan evaluasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket kebutuhan, angket terbuka untuk validasi desain pembelajaran, media, materi, serta angket tertutup untuk penilaian guru dan angket respon siswa yang di implementasikan pada ujicoba kelompok kecil.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan data kuantitatif, data kualitatif menggunakan metode analisis Miles & Huberman dan data kuantitatif dianalisis menjadi data interval menggunakan skala Likert. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran berbasis makroskopis,submikroskopis dan simbolikpada materi pergeseran kesetimbangan kimia menggunakan software Lectora Inspire.Pengembangan media pembelajaran diujicobakan pada kelompok kecil. Hasil respon siswa kelas XI IPA SMAN 1 Pelepat Ilir diperoleh persentase 81,04% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis makroskopis, submikroskopis dan simbolik pada materi pergeseran kesetimbangan kimia yang dikembangkan baik digunakan sebagai media pembelajaran kimia dan mendapat respon positif dari siswa.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RINDY ZULIATANDHY
Date Deposited: 12 Jan 2018 08:58
Last Modified: 12 Jan 2018 08:58
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2706

Actions (login required)

View Item View Item