ANANDA, RIZKI Pengaruh Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Minat untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi. JURNAL PENGARUH PRESTASI BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP MINAT UNTUK MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 11 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
artikel.pdf Download (205kB) |
Abstract
Rizki Ananda, 2017. Pengaruh Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar terhadap Minat untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi pada Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Pembimbing (1) Prof. Dr. Rahmat Murboyono, M.Pd (2) Riyo Riyadi, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Minat untuk Melanjutkan Studi ke Perguruan Tinggi, Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Prestasi belajar siswa yang tinggi merupakan peluang bagi individu untuk mempunyai kesempatan yang besar untuk masuk ke Perguruan Tinggi. Siswa yang prestasi belajarnya tinggi dapat ikut serta tes bahkan tanpa tes ke Perguruan Tinggi Negeri. Sebaliknya dengan siswa yang prestasi belajarnya rendah. Selain prestasi belajar, penentu keinginan siswa untuk melanjutkan ke Perguruan Tinggi adalah motivasi belajar yang dimilikinya. Siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi maka ia tidak merasa puas dengan ilmu yang dimilikinya. Siswa akan menggali pengetahuan yang diminatinya tersebut secara lebih mendalam salah satunya melalui belajar di Perguruan Tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMAN 11 kota Jambi, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMAN 11 kota Jambi dan (3) pengaruh prestasi belajar dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMAN 11 kota Jambi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 59 orang siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Data penelitian ini dikumpulkan melalui angket kemudian diolah dengan bantuan program SPSS for windows 16. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh prestasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMAN 11 kota Jambi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,567 dimana thitung sebesar 5,201 > ttabel sebesar 2,000. Terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMAN 11 kota Jambi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,642 dimana thitung sebesar 6,315 > ttabel sebesar 2,000. Serta terdapat pengaruh pengaruh prestasi belajar dan motivasi belajar terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XII IPS SMAN 11 kota Jambi yang ditunjukkan dengan nilai koefisien koefisien regresi ganda sebesar 0,710 dimana nilai Fhitung apabila dibandingkan dengan Ftabel pada taraf kesalahan 5% (α 0,05) maka Fhitung (28,491) > Ftabel (7,12). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa semakin tinggi prestasi belajar dan motivasi belajar maka akan semakin tinggi pula minat melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi. Saran, siswa lebih meningkatkan prestasi dan motivasi belajar. Karena dengan adanya prestasi belajar dan motivasi belajar yang tinggi maka dapat membantu siswa untuk melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RIZKI ANANDA |
Date Deposited: | 16 Jan 2018 01:38 |
Last Modified: | 16 Jan 2018 01:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2733 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |