KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN BELAJAR DARI RUMAH DI TK ISLAM AL AZHAR 57 JAMBI

Mutiara, Tia (2021) KESIAPAN GURU DALAM PENERAPAN BELAJAR DARI RUMAH DI TK ISLAM AL AZHAR 57 JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (194kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (126kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DARTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (401kB)

Abstract

ABSTRAK Mutiara, Tia. 2021. “Kesiapan Guru dalam Penerapan Belajar Dari Rumah di TK Islam Al Azhar 57 Jambi”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP, Universitas Jambi. Dosen Pembimbing (I) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I, (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd. Kata kunci: kesiapan guru, belajar dari rumah Penelitian ini dilatarbelakangi pada peraturan permendikbud RI No 4 Tahun 2020 tentang aturan belajar dari rumah (learn from home) untuk anak sekolah yaitu secara online maupun offline. Berdasarkan hasil pengamatan di TK Islam Al-Azhar 57 Jambi pada tanggal 17 dan 18 Januari 2021. Guru menyebutkan bahwa proses belajar dari rumah di TK ini adalah secara daring menggunakan aplikasi WhatsApp (WA), Zoom dan belajar luring yaitu Home Visit (Kunjungan Rumah). Guru di kelas A dan B yaitu ibu SP dan RLU bisa menjalankan proses kegiatan belajar mengajar dengan memiliki kesiapan tersendiri agar pembelajaran dapat berlangsung secara optimal, baik tahap sebelum pembelajaran, saat pembelajaran maupun akhir pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam penerapan belajar dari rumah di TK Islam Al Azhar 57 Jambi pada pra pembelajaran, saat pembelajaran dan usai pembelajaran. Penelitian iini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data diperoleh dari 2 orang guru sebagai data utama. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi. Peneliti menggunakan uji validitas data yaitu triangulasi teknik dengan teknik analisis data dari Miles and Huberman terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru dalam penerapan belajar dari rumah di TK yaitu: a) Pra Pembelajaran,yaitu: 1). Guru menyiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran, 2). Media Pembelajaran, 3). Penyiapan bahan ajar, jadwal dan tugas 4).Persiapan guru sebelum pelaksanaan pembelajaran, 5). Guru memastikan setiap siswa menerima jadwal dan tugas. b). Saat Pembelajaran: 1). Bantuan orangtua dalam proses belajar, 2). Guru membagikan link Zoom dan kunjungan rumah (Home Visit) melalui Whatsapp, 3). Berdoa bersama sebelum dan sesudah belajar, 4). Tugas berkaitan dengan pendidikan kecakapan hidup mengenai pandemi, rekreasi dan olahraga. c). Usai Pembelajaran: 1). Recalling diakhir pembelajaran melalui Zoom,2). Guru memastikan setiap siswa melengkapi tugas sebagai bahan untuk memantau belajar harian, 3). Memastikan semua sesi pembelajaran diselesaikan pada lembar kerja harian yang di bantu oleh orangtua, 4). Hasil tugas LKPD dikumpulkan diakhir minggu dan mengirimkan tugas selanjutnya melalui Whatsapp. Kesimpulan penelitian ini disarankan pada guru agar selalu melaksanakan kegiatan belajar mengajar dengan baik tahap sebelum pembelajaran, saat pembelajaran maupun akhir pembelajaran walaupun di saat pandemi sekarang ini.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Dosen Pembimbing (I) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I, (II) Dr. Dra. Destrinelli, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: kesiapan guru, belajar dari rumah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: MUTIARA
Date Deposited: 24 Nov 2021 04:06
Last Modified: 24 Nov 2021 04:06
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27794

Actions (login required)

View Item View Item