IDENTIFIKASI METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI

MUNTHE, SEVTARANI (2021) IDENTIFIKASI METODE PEMBERIAN TUGAS DALAM PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK XAVERIUS 1 KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (193kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (302kB)

Abstract

ABSTRAK Munthe, Sevtarani. 2021. Identifikasi Metode Pemberian Tugas dalam Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Xaverius 1 Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan dan Dasar. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing (1) Drs. Tumewa Pangaribuan, M. Pd dan Pembimbing (2) Drs. Irzal Anderson, M.Si. Kata kunci: Perkembangan Motorik Halus, Metode Pemberian Tugas Motorik halus adalah suatu gerakan yang hanya melibatkan otot-otot kecil dalam tubuh, yaitu seperti keterampilan dalam menggunakan jari-jari tangan dan gerakan yang dilakukan oleh pergelangan tangan dengan tepat. Berdasarkan pengamatan peneliti pada tanggal 3 Februari 2021 di TK Xaverius 1 Kota Jambi ditemukan 2 anak dengan inisial QCL dan JNY kurang mampu menggambar bebas, MBG kurang mampu meniru bentuk, RDH dan CKS kurang mampu mewarnai gambar dengan tidak melewati pola, dan AXM dan REJ kurang mampu mengerjakan tugas melipat. Dengan metode pemberian tugas dapat melatih khususnya motorik halus anak yang meliputi gerakan jari-jari anak, tugas yang diberikan guru seperti kegiatan menggunting, menggambar, mewarnai, merobek, menulis, meronce, melipat, dll. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan metode pemberian tugas dalam perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh anak TK Xaverius 1 Kota Jambi berjumlah 59 anak menggunakan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik persentase dengan rumus "p"=f/n "× 100" . Berdasarkan hasil dan pengolahan data yaitu; 1) perkembangan motorik halus dalam kemampuan menggambar sesuai gagasan memiliki rata-rata bobot sebesar 80,5%, 2) perkembangan motorik halus dalam kemampuan meniru bentuk memiliki rata-rata bobot sebesar 84,8%, 3) perkembangan motorik halus dalam kemampuan melakukan eksplorasi dengan berbagai media dan kegiatan memiliki rata-rata bobot sebesar 83%, 4) perkembangan motorik halus dalam menggunakan alat tulis dengan benar memiliki rata-rata bobot sebesar 78%, 5) perkembangan motorik halus dalam menggunakan alat tulis dengan benar memiliki rata-rata bobot 81,4%, 6) perkembangan motorik halus dalam kemampuan menempel gambar memiliki rata-rata bobot sebesar 82,5%, 7) perkembangan motorik halus dalam kemampuan mengekspresikan diri melalui gerakan menggambar secara rinci memiliki rata-rata bobot sebesar 79,5%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode pemberian tugas dalam perkembangan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK Xaverius 1 Kota Jambi berada pada kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 79,3%.

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing (1) Drs. Tumewa Pangaribuan, M. Pd dan Pembimbing (2) Drs. Irzal Anderson, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Motorik Halus, Metode Pemberian Tugas
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: MUNTHE
Date Deposited: 24 Nov 2021 03:52
Last Modified: 24 Nov 2021 03:52
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/27796

Actions (login required)

View Item View Item