PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MENEJEMEN KELAS DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI

SATRIA, RULLY PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MENEJEMEN KELAS DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI. JURNAL PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG MENEJEMEN KELAS DAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI PADA SISWA KELAS XI JURUSAN IPS SMA NEGERI 5 KOTA JAMBI.

[img] Text
artikel.pdf

Download (203kB)

Abstract

ABSTRAK RULLY SATRIA 2017, Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Menejemen Kelas Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi Skripsi Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi Pembimbing I Prof Dr. Drs. Ekawarna, M.Psi dan Pembimbing II Rosmiati, S.Pd M.Pd Kata kunci : Persepsi Siswa Tentang Menejemen Kelas Penggunaan Media Pembelajaran, Prestasi Belajar Ekonomi Media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran akan menimbulkan persepsi dalam diri siswa. Persepsi yang muncul dari dalam diri siswa pasti berbeda-beda, jika persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran tinggi, maka siswa akan senang mengikuti pelajaran dan akhirnya akan berdampak pada prestasi belajar siswa. Berdasarkan observasi masih terdapat beberapa siswa yang mempunyai persepsi rendah terhadap media pembelajaran yang digunakan guru sehingga membuat siswa kesulitan dalam mencapai prestasi belajar yang optimal. Dari latar belakang inilah penulis tertarik untuk mengadakan kajian lebih mendalam tentang skripsi yang berjudul “Pengaruh persepsi siswa tentang Menejemen Kelas Dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi Tahun Ajaran 2016/2017” Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang menejemen kelas terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi. 3) Untuk mengetahui persepsi siswa tentang menejemen kelas dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, dimana data yang diperoleh dari sampel populasi penelitian kemudian dianalisis untuk menggambarkan mengenai pengaruh persepsi siswa tentang menejemen kelas dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi. Dari hasil analisis perhitungan korelasi persepsi siswa tentang menejemen kelas terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi sebesar 84.8% sedangkan sisanya (15,2%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. 2) Penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi sebesar 83.0% sedangkan sisanya (17%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. 3) Persepsi siswa tentang menejemen kelas dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi sebesar 85.9% sedangkan sisanya (14.1%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian. Dapat disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang menejemen kelas terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi. 2) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi, 3) Terdapat pengaruh persepsi siswa tentang menejemen kelas dan penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar ekonomi pada siswa kelas XI Jurusan IPS SMA Negeri 5 Kota Jambi

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RULLY SATRIA
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:33
Last Modified: 22 Jan 2018 07:33
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2796

Actions (login required)

View Item View Item