Syafitri, Syafitri Identifikasi Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di Kelurahan Olak Kemang Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. JURNAL Identifikasi Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di Kelurahan Olak Kemang Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini.
![]() |
Text
ARTIKEL ILMIAH.pdf Download (199kB) |
Abstract
ABSTRAK Syafitri 2017. Identifikasi Peran Keluarga Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini di Kelurahan Olak Kemang Kota Jambi. Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. Drs. H. Hendra Sofyan, M.Si dan Pembimbing II Fadzlul, S.Psi., M.Psi., Psi Kata Kunci : Peran Keluarga, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana identifikasi peran keluarga dalam mengembangkan bahasa anak usia dini. Untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam mendorong anak untuk mengenali namanya sendiri. Untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam mengenalkan benda-benda terdekat dengan anak. Untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam mengembangkan bahasa anak melalui bermain. Untuk mendeskripsikan peran keluarga saat berdiskusi dengan anak. Untuk mendeskripsikan peran keluarga dalam mengenalkan puisi dan lagu anak, serta menjelaskan kegiatan rutin setiap hari. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling dimana seluruh anggota populasi dipilih sebagai sampel penelitian. Sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket (kuesioner). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus Persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diolah secara keseluruhan, dapat dihasilkan bahwa peran keluarga dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di kelurahan olak kemang Kota Jambi berada pada kategori “Baik”. Terbukti dari hasil rata-rata bobot mencapai 78%. Dari analisis data tersebut berdasarkan indikator, maka dapat disimpulkan peran keluarga dalam mengembangkan bahasa anak usia dini di kelurahan olak kemang berdasarkan indikator mendorong anak mengenali nama sendiri berada pada kualitas “Baik” (81%), mengenalkan benda-benda terdekat dengan anak berada pada kualitas “Baik” (80%), Bermain berada pada kualitas “Baik” (87%), berdiskusi berada pada kualitas “Baik” (71%), puisi dan lagu anak berada pada kualitas “Baik” (76%), dan pada menjelaskan kegiatan rutin setiap hari berada pada kualitas “Baik” (74%). Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan kepada pihak orang tua diharapkan untuk lebih meningkatkan peran mereka sehingga perkembangan bahasa anak menjadi lebih baik lagi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | SYAFITRI |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 07:31 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 07:31 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2802 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |