UTAMI, ANDYAH ROMADHANTI PENERAPAN TEKNIK PICK UP CARDS GAME UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VA SDN 80/I RENGAS CONDONG MUARA BULIAN. JURNAL PENERAPAN TEKNIK PICK UP CARDS GAME UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS VA SDN 80/I RENGAS CONDONG MUARA BULIAN.
![]() |
Text
A1D113079-ARTIKEL.pdf Download (335kB) |
Abstract
ABSTRAK Utami, AR. 2017 “Penerapan Teknik Pick Up Cards Game Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA Di Kelas VA SDN 80/I Rengas Condong Muara Bulian”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. Andi Suhandi, S.Pd, M.Pd.I dan (2) Ahmad Hariandi, S.Pd.I, M.Ag Kata Kunci: Keaktifan Belajar Siswa dan Teknik Pick Up Card Game Dalam teori behavioristik, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon” (dalam Budiningsih, 2005:20). Dengan kata lain, siswa dikatakan telah belajar jika siswa tersebut dapat menunjukkan perubahan tingkah lakunya sebagai hasil interaksi antara masukan atau input yang berupa stimulus dan keluaran atau output berupa respon. Berdasarkan observasi di kelas VA SDN 80/I Rengas Condong Muara Bulian, bahwa pembelajaran yang dilakukan khususnya pembelajaran IPA masih banyak siswa yang kurang aktif saat proses pembelajaran, tidak memperhatikan guru saat menjelaskan, kurangnya partisipasi siswa dalam pembelajaran berkelompok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan teknik Pick Up Cards Game dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VA SDN 80/I Rengas Condong Muara Bulian. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dimana setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober sampai dengan 12 Oktober Tahun Pelajaran 2017/2018. Indikator kekatifan belajar siswa yang diobservasi yaitu (1) siswa berpartisipasi dalam melaksanakan tugas belajarnya, (2) bertanya kepada siswa lain atau guru apabila tidak memahami persoalan yang dihadapi, (3) berusaha mencari informasi yang diperlukan untuk memecahkan masalah, (4) siswa berani mengajukan pendapat, (5) terjalin hubungan social dalam melaksanakan kegiatan belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan keaktifan belajar siswa cukup signifikan terlihat pada siklus I dari 58,45% kemudian meningkat lagi pada siklus II sebesar 79,54% pada kategori aktif. Peningkatan keaktifan telah sesuai pada indikator. Peneliti telah menggunakan teknik Pick Up Cards Game sesuai dengan yang telah direncanakan sehingga dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi pada siklus II, maka penelitian ini telah dikatakan berhasil karena telah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan. Kesimpulan penelitian ini adalah teknik Pick Up Cards Game dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas VA SDN 80/I Rengas Condong Muara Bulian. Teknik Pick Up Cards Game termasuk dalam kategori yang valid untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | ANDYAH ROMADHANTI U |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 07:34 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |