SAPITRI, NURANNISA HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VISUAL-SPASIAL DENGAN KREATIVITAS ANAK DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI. JURNAL HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN VISUAL-SPASIAL DENGAN KREATIVITAS ANAK DI TK ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI.
![]() |
Text
artikel nisa.pdf Download (675kB) |
Abstract
ABSTRAK Sapitri, Nurannisa. 2018. Hubungan Antara Kecerdasan Visual-spasial dengan Kreativitas Anak di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd dan Pembimbing II Nyimas Muazzomi, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci : Kecerdasan Visual-spasial, Kreativitas anak. Kecerdasan Visual-spasial adalah Kemampuan untuk melihat secara detail, dan bisa mengunakan kemampuan ini untuk melihat segala objek yang diamati. lebih dari itu, kecerdasan ini biasa merekam apa yang dilihat dan mampu dilukiskannya kembali. biasanya, kecerdasan ini dimiliki oleh arsitektur, insiyur, pilot, navigator, penemu, dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengukur Hubungan kecerdasan Visual-spasial dengan kretivitas anak di TK Islam Al-Falah Kota jambi”. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yaitu untuk mencari Hubungan atau saling ketergantungan diantara kedua variabel atau lebih, yang dalam penelitian ini yaitu untuk melihat Hubungan antara Kecerdasan Visual-spasial dengan Kreativitas anak di TK Islam Al-Falah Kota Jambi. Populasi penelitian ini berjumlah 83 orang anak yang terdaftar pada tahun ajaran 2017/2018, dengan jumlah sampel 83 orang anak yang diambil dengan menggunakan total sampling. Dan pengumpulan data diambil dengan menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai L hitung uji normalitas Lo < Ltabel, maka data dari kedua variabel memiliki distribusi data yang normal karena, untuk data angket kecerdasan visual - spasial Lo (0.0893) < Ltabel (0,0972), sedangkan data kreativitas anak didapat Lo (0,0759) < Ltabel (0,0972), homogenitas varians yang digunakan adalah Uji F dikatakan homogen apabila F hitung < F tabel, berdasarkan analisis data diperoleh F hitung (1.06 ) < F tabel (3,15) maka berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa data bervariansi homogeny, dengan menggunakan rumus (n-2) 83-2 = 81 pada α = 0,05, maka dengan dk 81, untuk uji dua pihak t 0,95 = 1,6639 mudah dilihat bahwa t_(hitung=) 5,6939 > t_tabel 1,6639.Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara kecerdasan visual-spasial dengan kreativitas anak di TK Islam Al-Falah Kota Jambi.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | NURANNISA SAPITRI |
Date Deposited: | 22 Jan 2018 07:34 |
Last Modified: | 22 Jan 2018 07:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2806 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |