Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII H SMP N 11 H Kota Jambi.

Shebsono, Petrinto Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII H SMP N 11 H Kota Jambi. JURNAL Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII H SMP N 11 H Kota Jambi..

[img] Text
artikel.pdf

Download (152kB)

Abstract

ABSTRAK Shebsono, P. 2017. Kemampuan Menulis Pantun Siswa Kelas VII H SMP N 11 H Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Aripudin, M. Hum., (II) Rustam, S.Pd, M. Hum. Kata Kunci: kemampuan menulis, pantun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis pantun siswa kelas VII H SMP Negeri 11 Kota Jambi. Setiap bait terdiri 4 baris, tiap baris terdiri dari 8 sampai 12 suku kata, bersajak ab-ab, dua baris pertama awal berupa sampiran, dua baris terakhir berupa isi oleh siswa kelas VII H SMP Negeri 11 Kota Jambi. Data penelitian ini diperoleh melalui tes kemampuan siswa menulis pantun dengan tema ditentukan. Jenis dan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 11 Kota Jambi pada 8 September 2017 dan instrument yang digunakan dalam penelitian adaah tes unjuk kerja. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 11 Kota Jambi yang berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : (1) Menilai satu persatu tulisan siswa oleh P1 dan P2, (2) menjumlahkan skor keseluruhan siswa. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penulisan pantun oleh siswa kelas VII H SMP Negeri 11 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2017/2018 memperoleh nilai 4,319 dengan interval 3,5–4,4 kategori “mampu” Dari hasil pengolahan data bahwa kemampuan siswa kelas VII H SMP N 11 Kota Jambi dalam menulis pantun dapat dikategorikan mampu dengan skor 4,319. Hal ini dapat dirincikan dalam menulis pantun sesuai syarat-syarat pantun dapat diketahui penerapan setiap bait terdiri atas 4 baris pemerolehan skor 4,885, yang berdasarkan interval penilaian termasuk dalam kategori sangat mampu, tiap baris terdiri atas 8-12 suku kata pemerolehan skor 4,114 yang berdasarkan interval penilaian termasuk dalam kategori mampu, bersajak a-b-a-b pemerolehan skor 2,828, yang berdasarkan interval penilaian termasuk dalam kategori cukup mampu, beris pertama dan kedua merupakan sampiran pemerolehan skor 4,885, yang berdasarkan interval penilaian termasuk dalam kategori sangat mampu, dan baris ketiga dan keempat merupakan isi pemerolehan skor 4,885, yang berdasarkan interval penilaian termasuk dalam kategori sangat mampu. Bagi guru bahasa Indonesia di SMP N 11 Kota Jambi diharapkan untuk meningkatkan pembelajaran mengenai menulis pantun. khususnya memberikan penjelasan dan pemahaman lebih detail pantun beserta ciri-ciri pantun terutama a-b-a-b. kemudian kepada siswa disarankan untuk lebih melatih diri lagi dalam menulis terutama ciri-ciri membuat pantun. peneliti selanjutnya yang akan meneliti tentang menulis pantun diharapkan dapat memanfaatkan skripsi ini sebagai bahan rujukan.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: PETRINTO SHEBSONO
Date Deposited: 22 Jan 2018 07:34
Last Modified: 22 Jan 2018 07:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item View Item