PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATERI PERSAMAAN SCHRODINGER MATA KULIAH FISIKA KUANTUM UNTUK MENGEMBANGKAN HOTS MAHASISWA

FITRI RESTIARNI, EKA PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATERI PERSAMAAN SCHRODINGER MATA KULIAH FISIKA KUANTUM UNTUK MENGEMBANGKAN HOTS MAHASISWA. PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATERI PERSAMAAN SCHRODINGER MATA KULIAH FISIKA KUANTUM UNTUK MENGEMBANGKAN HOTS MAHASISWA. (Submitted)

[img] Text
EKA FITRI RESTIARNI (RSA1C313015).pdf

Download (971kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah pengembangan modul elektronik pada materi Persamaan Schrodinger mata kuliah Fisika Kuantum untuk mengembangkan HOTS mahasiswa serta mengetahui persepsi mahasiswa terhadap modul elektronik yang dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4D yang meliputi define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini, peneliti hanya melakukan tahapan 4D sampai ke tahap develop. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2014 Universitas Jambi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah angket analisis kebutuhan, angket validasi tim ahli dan angket persepsi mahasiswa. Teknis analisis data untuk skor angket analisis kebutuhan, angket validasi tim ahli dan angket persepsi mahasiswa dilakukan dengan statistik deskripsif. Sedangkan analisis data untuk saran validator dilakukan secara deskriptif kualitatif . Hasil penelitian ini adalah modul elektronik yang dikembangkan dan telah melalui proses validasi serta dinyatakan layak untuk diuji cobakan. Spesifikasi modul elektronik ini terdiri dari tiga kegiatan pembelajaran yaitu persamaan Schrodinger, aplikasi persamaan Schrodinger 1, dan aplikasi persamaan Schrodinger 2. Setiap kegiatan pembelajaran terdapat uraian materi, contoh soal, serta latihan soal yang dibuat mengarah pada kriteria HOTS. Keunggulan dari modul elektronik yaitu terdapat tes formatif dan refleksi diri yang dapat dikerjakan secara mandiri baik online atau offline pada setiap kegiatan pembelajaran, rumus yang terdapat pada setiap kegiatan pembelajaran dijelaskan secara terperinci dan terdapat video, simulasi serta animasi yang mampu menjelaskan materi yang abstrak. Kelemahan dari modul elektronik ini yaitu terbatasnya contoh soal, karena hanya terdapat dua contoh soal pada setiap kegiatan pembelajaran dan masih terbatasnya simulasi yang hanya terdapat pada materi aplikasi persamaan Schrodinger 2. Hasil dari validasi ahli menyatakan bahwa modul elektronik telah valid dan layak untuk diuji cobakan. Uji coba terhadap data persepsi mahasiswa bertujuan untuk memperoleh penilaian terhadap modul elektronik yang terdiri dari 3 aspek yaitu tampilan modul elektronik, penyajian materi, dan kebermanfataan modul elektronik. Hasil analisis persepsi mahasiswa pada aspek tampilan modul elektronik yaitu 80,6 (Baik), aspek penyajian materi adalah sebesar 78,67 (Baik) dan aspek kebermanfaatan modul adalah sebesar 80,5 (Baik). Berdasarkan hasil ini, maka modul elektronik layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Modul elektronik, HOTS (Higher Order Thinking Skills), 3D PageFlip Professional, Persamaan Schrodinger, Fisika Kuantum

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Depositing User: Eka Fitri Restiarni
Date Deposited: 23 Jan 2018 04:28
Last Modified: 23 Jan 2018 04:28
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2822

Actions (login required)

View Item View Item