Pengaruh dukungan orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap minat belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X IPS MA Al-Ikhlas Kota Jambi

Rahma, Anisa (2021) Pengaruh dukungan orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap minat belajar siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi kelas X IPS MA Al-Ikhlas Kota Jambi. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
COVER-dikonversi.pdf

Download (65kB)
[img] Text
lembar pengesahan anisa rahma.pdf

Download (165kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (35kB)
[img] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Annisa Rahma, (2021). Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Fasilitas Belajar Di Rumah Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Jurusan IPS MA Al-Ikhlas Kota Jambi”: Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Jambi: (1) Dr. Drs. Suratno, M.Pd. (2) Dra. Refnida, M.E. Kata Kunci: Dukungan Orang Tua, Fasilitas Belajar, Minat Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di MA Al-Ikhlas Kota Jambi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket kepada seluruh responden. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS sebanyak 106 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Simple random sampling dengan jumlah responden 84 orang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Ex-post Facto serta teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh secara signifikan dukungan orangtua terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MA Al-Ikhlas Kota Jambi. Hal tersebut dibuktikan dengan melalui Uji t dimana nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2,199 > 1,9897 (2) terdapat pengaruh secara signifikan fasilitas belajar di rumah terhadap minat belajar siwa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MA Al-Ikhlas Kota Jambi. Hal tersebut dibuktikan dengan melalui Uji t dimana nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 2, 026 > 1,9897 (3) terdapat pengaruh signifikan secara simultan dukungan orang tua dan fasilitas belajar di rumah terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X IPS MA Al-Ikhlas Kota Jambi Hal tersebut dibuktikan dengan melalui Uji F dimana nilai Fhitung lebih besar dati Ftabel yaitu 4.200 >3,1. Dari hasil penelitian disarankan agar orangtua selalu memberi dukungan, perhatian dan motivasi kepada siswa. Bukan hanya itu orangtua juga diharapkan dapat memperhatikan fasilitas belajar siswa, dengan fasilitas yang lengkap dapat membantu siswa dalam proses belajar sehingga siswa mempunyai minat belajar yang tinggi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Rahma
Date Deposited: 15 Dec 2021 03:16
Last Modified: 15 Dec 2021 03:16
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/28635

Actions (login required)

View Item View Item