FITRI, RODINA STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. JURNAL STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBENTUK SIKAP KEPEDULIAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR.
![]() |
Text
A1D112040-ARTIKEL.pdf Download (367kB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri, Rodina. “Strategi Kepala Sekolah dalam Membentuk Sikap Kepedulian Lingkungan di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Drs. Syahrial, M.Ed., Ph.D (2) Drs.Arsil, M.Pd Kata kunci: Strategi Kepala Sekolah, Sikap Kepedulian Lingkungan Sikap peduli lingkungan merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Terjaganya lingkungan menjadikan kualitas hidup manusia yang lebih baik. Segala sumber daya yang sudah tersedia di lingkungan dapat dipergunakan manusia untuk kelangsungan hidupnya. Lingkungan yang indah tentu saja akan memberikan pengaruh yang positif bagi kehidupan manusia, begitu juga sebaliknya.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsiskan strategi Kepala Sekolah dalam membentuk sikap kepedulian Lingkungan Sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Sekolah SD Negeri No 28/1 Malapari dan SD Negeri No.111/1 Komplek Air panas Kec. Muara Bulian Kab. Batanghari.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti kepada dua Kepala Sekolah yakni SDN No. 111/I Komplek Air Panas dan SDN No. 28/1 Malapari maka dapat dijelaskan bahwa kedua sekolah ini menggunakan strategi yang sama dalam membentuk sikap kepedulian lingkungan, strategi tersebut terdiri dari empat pilar, seperti kegiatan belajar mengajar, budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan penguatan dari orang tua. Selain itu juga perilaku peduli lingkungan yang tampak pada siswa SDN No. 111/I Komplek Air Panas dan SDN No. 28/1 Malapari merupakan cerminan pemahaman dan kemampuan untuk menerapkannya dalam keeseharian mereka ketika berada di sekolah. Perilaku siswa yang dapat dijelaskan oleh peneliti seperti, perilaku membuang sampah pada tempatnya, buang air besar dan kecil di toilet, kegiatan piket harian dan mengingatkan orang sekitar untuk menjaga lingkungan. Berdasarkan uraian-uraian yang telah dipaparkan di Bab IV, peneliti menyimpulkan bahwa strategi Kepala Sekolah dalam membentuk sikap kepedulian Lingkungan Sekolah ditinjau dari dua aspek, yaitu strategi pembentukkan karakter peduli lingkungandan budaya sekolah. Dari strategi pembentukkan karakter peduli lingkungan, terdapat dua dua pola, pertama; pembentukkan karakter peduli lingkungan melalui muatan lokal pendidikan lingkungan hidup, kedua; pembentukkan karakter peduli lingkungan dengan mengintegrasikan muatan lokal pendidikan lingkungan hidup kedalam seluruh mata pelajaran. Ditinjau dari budaya sekolah, dilakukan melalui kegiatan rutin, keteladanan kepala sekolah dan dewan guru, kegiatan spontan, serta pengkondisian lingkungan.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | RODINA FITRI |
Date Deposited: | 26 Jan 2018 01:01 |
Last Modified: | 26 Jan 2018 01:01 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2876 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |