PERAN GURU DALAM MEINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PADA SISWA KELAS II SD

TRISMANTO, ANGGUN ANGELINA PERAN GURU DALAM MEINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PADA SISWA KELAS II SD. JURNAL PERAN GURU DALAM MEINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA MEMBACA PADA SISWA KELAS II SD.

[img] Text
ARTIKEL ILMIAH SKRIPSI.pdf

Download (222kB)

Abstract

ABSTRAK ANGELINA, ANGGUN. 2017. “Peran Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pada Siswa Kelas II SD”. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing I Drs. Faizal Chan, S.Pd, M.Si, Pembimbing II Suci Hayati, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Peran Guru, Membaca Tugas, peran guru merupakan sesuatu kesatuan yang utuh. Hanya saja terkadang tugas dan fungsi disejajarkan sebagai penjabaran dari peran. Peran guru adalah sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pengarah, pelatih, penilai, dan mengevaluasi dari peserta didik. Peran guru sangat penting demi tercapainya tujuan sesuai dngan yang telah ditetapkan. Guru tidak hanya bertugas menyampaikan materi pelajaran kepada anak didiknya. Namun, guru juga harus memberikan bimbingan, latihan bagi anak didiknya. Guru sebagai pembimbing berperan memberikan bantuan kepada siswa dalam pemecahan masalah yang dihadapinya yang berkenaan dengan pengetahuannya. Membaca merupan suatu keterampilan berbahasa yang sangat penting peranannya dalam kehidupan. Membaca mempunyai peranan penting dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan kritis. Dengan membaca seseorang mendapat pengetahuan informasi dari berbagai penjuru dunia. Membaca menjadi suatu keharusan yang dilakukan oleh pribadi yang menanamkan dirinya sebagai intelektual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja pern guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas II SD. Jenis penelitian yang digunakan dalam peelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Peneitian deskriptif yang digunakan pada penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas II SD. Hasil penelitian diperoleh bahwa peran guru dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas II adalah dengan cara memberikan siswa kesempatan membaca, melatih siswa membaca pada saat jam istirahat sedang berlangsung, dan mengajak siswa membaca ke perpustakaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa peran guru dalam meningakatkan kemampuan membaca pada siswa kelas II SD sudah lancar dalam membaca namunmasih ada beberapa siswa yang membaca dengan terbata-bata.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ANGGUN ANGELINA T
Date Deposited: 30 Jan 2018 01:12
Last Modified: 30 Jan 2018 01:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/2961

Actions (login required)

View Item View Item