Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah UNggul di Masa Pandemi Melalui Pengembangan Kualitas Pembelajaran

Aslikah, Binti (2021) Kepemimpinan Manajerial Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Sekolah UNggul di Masa Pandemi Melalui Pengembangan Kualitas Pembelajaran. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
Skripsi Binti Aslikah A1D118038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (436kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (702kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (665kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (481kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (525kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul di masa pandemi melalui pengembangan kualitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 211/IX Mendalo Darat pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Subjek penelitian adalah kepala sekolah. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara serta studi dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah unggul di masa pandemi dilakukan dengan menggunakan keterampilan yang dimiliki kepala sekolah meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, serta pengawasan dalam mengembangkan kualitas pembelajaran. 1). Perencanaan kegiatan sekolah melibatkan para guru dan komite sekolah dengan memfokuskan pada penyelenggaraan pembelajaran yang berkualitas dengan meningkatkan kualitas guru dalam pembelajara, menjalin hubungan kerja sama antara sekolah dan orang tua peserta didik, ketersediaan sarana dan prasarana, kesehatan warga sekolah dan penggiatan literasi sekolah; 2). Pengorganisasian pembentukan struktur sekolah dilakukan secara bersama-sama dengan membagi tugas sesuai dengan kemampuannya masing-masing; 3). Dalam pelaksanaan dengan memotivasi dan menggerakkan warga sekolah untuk melaksanakan tugas secara professional dan penuh tanggung jawab; 4). Pengawasan dengan melakukan monitoring dan suvervisi kegiatan dengan menggunakan buku kontrol, serta melakukan pemantauan kegiatan belajar mengajar secara langsung dengan berkeliling di setiap kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kepemimpinan manajerial kepala sekolah dalam mengembangkan kualitas pembelajaran sangat berpengaruh terhadap terwujudnya sekolah unggul di masa pandemi.

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: ASLIKAH
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:14
Last Modified: 07 Jan 2022 02:14
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29624

Actions (login required)

View Item View Item