Selani, Tamara and Sofwan, Muhammad and Alirmansyah, Alirmansyah (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL MELALUI CERITA RAKYAT PADA PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 1 KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
SKRIPSI TAMARA PUTRI SELANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (211kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN dan HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (294kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (399kB) |
Abstract
Selani, Tamara Putri: “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Melalui Cerita Rakyat pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia pada Tema 4 Subtema 1”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar, FKIP, Universitas Jambi, Dosen Pembimbing (1) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd, (2) Alirmansyah, S.Pd,. M.Pd Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Cerita Rakyat Rangkayo Hitam Pelaksanaan pendidikan berperan dalam mengembangkan karakter kesejahteraan siswa. Pendidikan karakter dilaksanakan guna membantu siswa perencanaan untuk mampu dan bertindak sesuai dengan etika dan metode bertindak yang berlaku untuk lingkungan lokal tanpa kehilangan visi dunia mereka. Oleh karena itu sekolah harus mampu memahami kultur dan kebudayaan pada daerah setempat sehingga dapat diterapkannya bermacam-macam kearifan lokal. Pendidikan karakter bagi anak tidak hanya diambil dari buku pelajaran, tetapi dapat juga diambil dari cerita rakyat yang merupakan kearifan lokal. Dalam cerita rakyat terdapat tokoh-tokoh yang memiliki karakter berbeda-beda yang dapat dicontoh dan dapat mendorong siswa untuk giat dan berperilaku baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara membangun karakter siswa melalui implementasi kearifan lokal cerita rakyat di kelas IV SDN 55/I Sridadi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis fenomenologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu: pedoman wawancara, dan dokumentasi. Narasumber yang diwawancara dalam penelitian ini adalah guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa perencanaan pendidikan karakter menggunakan cerita rakyat Rangkayo Hitam dalam proses pembelajaran dilakukan dengan membuat perencanaan dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), telaah media, dan telaah materi pembelajaran. Pelaksanaan pendidikan karakter dilakukan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke dalam muatan Bahasa Indonesia terutama berkaitan dengan Tema 4 Subtema 1 dengan menggunakan cerita rakyat Rangkayo Hitam yang diterapkan menggunakan metode mikir. Pelaksanaan pendidikan karakter melalui cerita rakyat Rangkayo Hitam dalam pembelajaran berdampak dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang lebih menyenangkan, memotivasi, inspiratif, dan bermakna. Selain itu, peserta didik terinspirasi untuk menghayati nilai-nilai karakter seperti kepedulian, sopan santun, dan kejujuran untuk diaplikasikan dalam pergaulan sehari-hari.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Selani |
Date Deposited: | 11 Jan 2022 04:34 |
Last Modified: | 11 Jan 2022 04:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/29976 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |