IDENTIFIKASI PERAN ORANGTUA DALAM MENANAMKAN DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI

Nirma.S, Venti (2021) IDENTIFIKASI PERAN ORANGTUA DALAM MENANAMKAN DISIPLIN PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-MUTTAQIN KOTA JAMBI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (106kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (204kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (91kB)

Abstract

ABSTRAK Nirma,S.Venti. 2021. “Identifikasi Peran Orangtua dalam Menanamkan Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Muttaqin Kota Jambi”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I Kata Kunci: Peran Orangtua, Menanamkan Disiplin Peran orangtua merupakan salah satu lembaga pengembang tugas dan tanggung jawab pendidikan pertama. Salah satu aspek untuk mendorong dan mengembangkan kepribadian anak secara utuh adalah disiplin diri. Berdasarkan pengamatan peneliti pada tanggal 10 Februari 2021 di TK Al-Muttaqin Kota Jambi bahwa masih ada beberapa anak yang belum memenuhi indikator disiplin. Misalnya pada saat bangun pagi, masih ada beberapa orang anak yang belum terbiasa untuk bangun pagi dan pada saat bangun tidur dia menolak untuk membereskan kamarnya.Dengan menanamkan disiplin pada anak akan membantu anak untuk mengkontrol diri dan membantu anak mengenali perilaku yang salah lalu mengoreksinya Tujuan penelitian ini ialah 1) Untuk mendeskripsikan kualitas peran orangtua dalam menanamkan disiplin pada anak dalam hal membuat aturan yang sederhana 2) Untuk mendeskripsikan kualitas peran orangtua dalam menanamkan disiplin pada anak dalam hal memberi pilihan yang terbatas terhadap anak 3) Untuk mendeskrippsikan kualitas peran orangtua dalam menanamkan disiplin pada anak dalam halmenjadi contoh yang baik bagi anak. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 35 orangtua anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muttaqin Kota Jambi yang seluruhnya dijadikan sampel penelitian. Teknik dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner). Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan kriteria dengan penafsiran persentase. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang pada Bab IV didapatkan bahwa: (1) Identifikasi peran orangtua dalam menanamkan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muttaqin Kota Jambi pada indikator membuat aturan yang sederhana berada berada pada kualiatas “Baik” (69,7%). (2) Indentifikasi peran orangtua dalam menanamkan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muttaqin Kota Jambi pada indikator memberi pilihan yang terbatas terhadap anak berada berada pada kualiatas “Baik” (75,3%). (3) Identifikasi peran orangtua dalam menanamkan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muttaqin Kota Jambi pada indikator menjadi contoh yang baik bagi anak berada berada pada kualitas “Baik” (79,9%). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu identifikasi peran orangtua dalam menanamkan disiplin pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Muttaqin Kota Jambi secara umum berada pada kualitas “Baik” (75,07%).

Type: Thesis (S1)
Informasi Tambahan: Pembimbing: (I) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd (II) Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Peran Orangtua, Menanamkan Disiplin
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD
Depositing User: NIRMA.S
Date Deposited: 14 Jan 2022 06:46
Last Modified: 14 Jan 2022 06:46
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30124

Actions (login required)

View Item View Item