Hambatan Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

AKIL, M. (2022) Hambatan Pelaksanaan Praktikum Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. S1 thesis, Universitas Jambi.

[img] Text
full skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
halaman Pengesahan.pdf

Download (727kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (199kB)
Official URL: https://repository.unja.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hambatan pelaksanaan praktikum pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar terkait dengan hambatan dan solusi dalam kegiatan praktikum. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 159/VI Rantau Bidaro pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Sumber data yang diperoleh dari wali kelas IV, V, VI sebagai data utama. Penelitian ini mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan juga fenomena yang dilakukan oleh informan yang diteliti, dengan melakukan pengamatan secara langsung dilapangan dan wawancara serta dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik dengan teknik analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa guru SDN 159/VI Rantau Bidaro melaksanakan praktikum pada pembelajaran IPA. Dalam proses pelaksanaannya ada beberapa hambatan yang dialami oleh guru dalam pelaksanaan kegiatan praktikum pada pembelajaran IPA yaitu alat dan bahan yang tidak tersedia, tidak adanya buku petunjuk sebagai pedoman dalam melaksanakan praktkum, dan lain-lainnya. Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa solusi yang di lakukan oleh guru dalam mengatasi hambatan-hambatan yang terjadi yaitu alat dan bahan guru mencari alat dan bahan yang mudah ditemukan di lingkungan peserta didik, guru mencari berbagai sumber baik itu jurnal, artikel, dan buku tentang pedoman praktikum di internet dan lain-lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan praktikum pada pembelajaran IPA di sekolah dasar mengalami beberapa hambatan dalam pelaksanaanya. Kata Kunci: Hambatan, Praktikum

Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Praktikum
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD
Depositing User: AKIL
Date Deposited: 13 Jan 2022 06:38
Last Modified: 13 Jan 2022 06:38
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30155

Actions (login required)

View Item View Item