Juniati, Lasma and Destrinelli, Destrinelli and Hayati, Suci (2022) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI ANIMAKER PADA TEMA 7 SUBTEMA I KELAS I SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text (Pengembangan Media Video Animasi Menggunakan Aplikasi Animaker pada Tema 7 subtema 1 kelas 1 sekolah dasar)
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO ANIMASI MENGGUNAKAN APLIKASI ANIMAKER PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS 1 SEKOLAH DASAR.pdf FILE.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
![]() |
Text
COVER-halaman-dihapus.pdf Download (256kB) |
![]() |
Text
halaman persetujuan & pengesahan.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
![]() |
Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (326kB) |
![]() |
Text
BAB V KESIMPULAN, IMPLIKASI & SARAN.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (403kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui cara mengembangkan media video animasi menggunakan aplikasi animaker pada tema 7 subtema 1 kelas 1 sekolah dasar (2) untuk mengetahui kevalidan media video animasi menggunakan aplikasi animaker berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, ahli praktisi. Serta (3) untuk mengetahui kepraktisan media video animasi yang dikembangkan. Metode penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, design, development, implementation dan evaluation). Data yang diperoleh dalam penelitiann ini yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif berupa saran, masukan dan kritik dari validator serta pendapat siswa terkait produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di SDN 64/1 Muara Bulian pada Desember 2021. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan angket kepada validator ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi untuk melihat kevalidan dan kepraktisan media video animasi. Setelah angket dikembalikan, kemudian data dianalisis untuk mendapatkan hasil kevalidan dan kepraktisan media yang dikembangkan. Hasil penelitian ini berupa media video animasi menggunakan aplikasi animaker pada tema 7 subtema 1 kelas 1 sekolah dasar. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh skor rata-rata 5 dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kategori sangat valid, dan hasil validasi oleh ahli praktisi memperoleh skor 4,46 dengan kategori sangat praktis. Kepraktisan media video juga melihat tanggapan dan penilaian dari peserta didik. Berdasarkan hasil wawancara bersama peserta didik, dapat disimpulkan bahwa media video animasi menggunakan aplikasi animaker sangat praktis digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media video animasi menggunakan aplikasi animaker pada tema 7 subtema 1 kelas 1 sekolah dasar sangat valid dan sangat praktis. Media video animasi yang telah dikembangkan sangat layak untuk digunakan sebagai media dalam pembelajaran kelas 1 sekolah dasar.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | Juniati |
Date Deposited: | 24 Jan 2022 02:20 |
Last Modified: | 24 Jan 2022 02:20 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |