MONIKA, TIYA (2021) ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK DARMA WANITA KOTO TUO PULAU TENGAH KERINCI. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.
![]() |
Text
SKRIPSI FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (90kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (230kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
Abstract
ABSTRAK Tiya Monika. 2021. “Analisis Kemampuan Berbicara Anak Melalui Metode Bermain Peran Di TK Darma Wanita Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci”. Skripsi. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini dan Dasar FKIP Universitas Jambi. Pembimbing I Dr. K.A Rahman, S. Ag., M.Pd.I Pembimbing II Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I Kata Kunci: Kemampuan Berbicara Anak, Metode Bermain Peran Berdasarkan hasil observasi di TK Darma Wanita Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci pada tanggal 19 Januari 2021 khususnya anak kelompok B yang berjumlah 15 anak yaitu AD, AC, AG, BD, BA, CD, DN, DI, EN, HI, NA, OG, PN, AN, NA, di mana kemampuan berbicara anak masih terbatas dan upaya peningkatannya belum optimal, Kondisi seperti ini dapat menjadi salah satu penyebab keterampilan berbicara anak kurang berkembang yang dapat dilihat dari : 1) Anak masih sering salah peniruan bunyi bahasa perkataan ini pensil siapa anak mengucapkan pensil ini siapa, kata bola besar diucapkan besar bola, 2) Mayoritas anak belum dapat pengenalan kata misalnya bu sapunya mana, yang seharusnya bu dimana sapunya, 3) Masih banyak anak yang salah belum dapat pengenalan kalimat, kemarin, dulu dan sekarang. Tujuan penelitian yaitu untuk mengidentifikasi kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran Di TK Darma Wanita Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif, Populasi penelitian anak Kelompok B TK Darma Wanita Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci jumlah 40 anak, sedangkan sampel 30 anak menggunakan teknik pengambilan sampel random sampeling. Berdasarkan hasil dan pengolahan data, analisis kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran di TK Darma Wanita Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci secara umum berada dalam tingkatan “Tinggi”. Hal tersebut terbukti dari hasil rata-rata bobot yang telah diperoleh yaitu sebesar 79%. analisis kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran Di TK Darma Wanita Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci strategi peniruan bunyi bahasa berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 83%. kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran Di TK Darma Wanita Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci strategi pengenalan kata berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 88%. kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran Di TK Darma Wanita Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci strategi pengenalan kalimat berada pada tingkatan “Tinggi” dengan capaian sebesar 79%. Kesimpulan pada penelitian yaitu analisis kemampuan berbicara anak melalui metode bermain peran di TK Darma Wanita Koto Tuo Pulau Tengah Kerinci secara umum berada dalam tingkatan “Tinggi”.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Informasi Tambahan: | Pembimbing I Dr. K.A Rahman, S. Ag., M.Pd.I Pembimbing II Dr. Indryani, S.Pd., M.Pd. I |
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berbicara Anak, Metode Bermain Peran |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PG-PAUD |
Depositing User: | MONIKA |
Date Deposited: | 18 Jan 2022 07:38 |
Last Modified: | 18 Jan 2022 07:38 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30401 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |