Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari locus of control pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas xi ipa sma adhyaksa 1 jambi

Diva Ulima, Hafsah and Iriani, Dewi and Simatupang, Gugun M (2021) Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari locus of control pada materi barisan dan deret aritmatika di kelas xi ipa sma adhyaksa 1 jambi. S1 thesis, UNIVERSITAS JAMBI.

[img] Text
SKRIPSI HAFSAH (A1C217071).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (108kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text
COVER HAFSAH DIVA ULIMA.pdf

Download (104kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN ( DIVA).pdf

Download (75kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa terutama dalam menyelesaikan soal matematika pada materi barisan dan deret yang ditinjau dari locus of control. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa ditinjau dari locus of control pada materi barisan dan deret di kelas XI IPA SMA Adhyaksa 1 Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Penelitian dilakukan di SMA Adhyaksa 1 Jambi. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 6 orang siswa yaitu 3 siswa locus of control internal dan 3 siswa locus of control eksternal. Dalam penelitian ini kemampuan pemecahan masalah matematis yaitu meliputi tahapan memahami masalah, tahapan merencanakan masalah, tahapan menyelesaikan masalah dan tahapan memeriksa kembali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan locus of contol internal (SI1, SI2 dan SI3) dapat mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan memenuhi secara urut semua tahapan pemecahan masalah matematis. Subjek dengan locus of control internal, tidak akan pernah berhenti berusaha untuk menemukan jawaban, karena memiliki karakteristik suka bekerja keras, memiliki inisiatif yang tinggi dan selalu mencoba berpikir seefektif mungkin Siswa dengan locus of control eksternal (SE1, SE2 dan SE3) belum dapat mengerjakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis dengan hanya beberapa tahapan yang terpenuhi. Subjek dengan locus of control eksternal kurang suka berusaha, kurangmencari informasi untuk memecahkan suatu masalah, dan mudah terpengaruh oleh orang lain

Type: Thesis (S1)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Ulima
Date Deposited: 21 Jan 2022 06:34
Last Modified: 21 Jan 2022 06:34
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/30795

Actions (login required)

View Item View Item