Herdiani, Fachratun Tila (2022) PERAN GURU DAN ORANG TUA PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEMATIK DIKELAS RENDAH PADA MASA PANDEMI COVID 19. S1 thesis, Universitas Jambi.
![]() |
Text
FACHRATUN TILA HERDIANI_SKRIPSI IMPLEMENTASI PERAN GURU DAN ORANG TUA-dikonversi (3).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
COVER 1-2 SKRIPSI.pdf Download (169kB) |
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf Download (367kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK SKRIPSI-dikonversi.pdf Download (32kB) |
![]() |
Text
BAB I SKRIPSI-dikonversi.pdf Download (167kB) |
![]() |
Text
BAB V SKRIPSI.pdf Download (156kB) |
![]() |
Text
DAFTAR RUJUKAN SKRIPSI.pdf Download (377kB) |
Abstract
ABSTRAK Herdiani, Fachratun Tila. Peran Guru Dan Orang Tua Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Dikelas Rendah Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Sekolah Dasar: FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. Muhammad Sofwan, S.Pd., M.Pd (II) Violita Zahyuni, S.Pd,. M.Pd. Kata kunci : peran guru, peran orang tua, pembelajaran tematik, kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran yang dilakukan guru dan orang tua pada pelaksanaan pembelajaran tematik dikelas rendah pada masa pandemi covid 19 di Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di kelas IA Di SDN 73/IX Simpang Sungai Duren pada semester ganjil dan genap tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Pengumpulan data diperoleh dari observasi dan wawancara pada guru kelas 1A dan juga orang tua sisiwa. Penelitian ini menggunakan uji validitas berupa triangulasi metode dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model Milles and Huberman yang terdiri dari Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru di dalam menerapkan pembelajaran tematik , yaitu guru berperan sebagai pemimpin belajar dengan mengontrol kegiatan siswa di kelas ketika proses pembelajaran tematik sedang berlangsung, sebagai fasilitator belajar menyediakan media pembelajaran, sebagai moderator belajar mengatur jalannya proses pembelajaran tematik dikelas, sebagai motivator belajar memberikan dorongan kepada siswa dalam proses pembelajaran dan sebagai evaluator belajar seperti memantau proses pembelajaran. Peran orang tua dalam pembelajaran tematik pada saat pembelajaran daring yaitu: peran orang tua dalam menyediakan fasilitas belajar anak dengan cara memfasilitasi anak, baik sarana maupun prasarana yang digunakan oleh anak dalam proses pembelajaran, peran orang tua dalam memotivasi anak belajar, orang tua memberikan motivasi kepada anak seperti, memberikan semangat dan reward ketika anak mengerjakan tugas, peran orang tua dalam membantu kesulitan belajar anak, orang tua mendampingi anak pada saat belajar. Dari hasil penelitian ini guru melaksanakan perannya dengan cukup baik akan tetapi guru sedikit kesulitan dalam mengontrol seluruh anak secara bersamaan didalam kelas sehingga pembelajarannya tidak terfokus. orang tua juga kesulitan dalam memfasilitasi anak pada saat pembelajaran daring karena fasilitas seperti HP yang ada dirumah hanya satu dan digunakan oleh kakaknya untuk belajar,jaringan yang kurang memadai dirumah sehingga pembelajaran secara daring peserta didik tersebut tidak berjalan dengan maksimal.
Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran guru,peran orang tua,pembelajaran tematik,kelas rendah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD |
Depositing User: | HERDIANI |
Date Deposited: | 16 Mar 2022 01:34 |
Last Modified: | 16 Mar 2022 01:34 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/31941 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |