PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA

darmawangsa, rio (2018) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SIKAP SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS TERHADAP MATA PELAJARAN FISIKA. JURNAL PENDIDIKAN FISIKA (1136). ISSN p-ISSN: 2302-8939 (Submitted)

[img] Text
Rio darmawangsa Artikel.pdf

Download (235kB)
Official URL: http://journal.unismuh.ac.id/index.php/jpf/author/...

Abstract

Sikap terhadap Fisika terkait dengan rasa suka atau tidak sukanya siswa terhadap mata pelajaran Fisika. Sikap dalam pembelajaran sangatlah penting, begitu pun dengan sikap yang ada pada pembelajaran terhadap mata pelajaran di sekolah ,belum ada instrumen terkait penilaian sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika menyulitkan pendidik untuk mengetahui sikap siswa. Padahal untuk menilai sikap siswa tersebut perlu alat ukur. Alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur sikap adalah instrumen sikap berupa angket. Mardiani (2013) berpendapat Instrumen-instrumen dalam pendidikan memang ada tetapi sulit untuk ditemukan. Namun pada kenyataannya, negara-negara maju telah memiliki instrumen untuk mengukur sikap. Oleh karena itu, dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen sikap siswa terhadap mata mata pelajaran fisika yang valid dan reliabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikemukakan oleh Sugiyono (2016), yang dalam prosesnya tahap-tahap pengembangan dibatasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Adapun tahap-tahap penelitiannya yaitu: identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk. Pada penelitian ini, dikembangkan instrumen untuk mengukur sikap siswa terhadap mata pelajaran fisika dengan bentuk angket tipe skala Likert dengan 5 skala. Instrumen ini dikembangkan dari Test of Science Related Attitude (TOSRA). Setelah dikembangkan, instrumen tersebut divalidasi oleh validator (ahli). Validasi dilakukan oleh dua orang validator hingga instrumen dinyatakan valid dan layak untuk diujicobakan. Uji coba hanya dilakukan untuk mengetahui validitas angket, yang disebarkan kepada 80 orang siswa yang menjadi sampel penelitian. Hasil uji coba angket, dianalisis dengan metode PLS menggunakan software Smart PLS 3 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, diperoleh 7 indikator sikap yang terdiri dari 54 item pernyataan yang valid. Angket ini memiliki validitas yang baik. Koefisien reliabilitas angket yang diperoleh dari masing-masing indikator adalah di atas 0,8 berarti sangat reliabel.

Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Fisika
Depositing User: RIO DARMAWANGSA
Date Deposited: 15 Feb 2018 04:12
Last Modified: 15 Feb 2018 04:12
URI: https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3248

Actions (login required)

View Item View Item