FIZIALANITA, MILA PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MAKROSKOPIS SUBMIKROSKOPIS DAN SIMBOLIK PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MAKROSKOPIS SUBMIKROSKOPIS DAN SIMBOLIK PADA MATERI TERMOKIMIA KELAS XI MIA SMA NEGERI 2 KOTA JAMBI.
![]() |
Text
artikel lengkap MILA.pdf Download (615kB) |
Abstract
Ilmu kimia merupakan pelajaran yang dianggap sulit oleh kebanyakan siswa SMA/MA, karena karakteristik ilmu kimia adalah makroskopis, submikroskopis dan simbolik sehingga diperlukan kemampuan siswa dalam memahami konsep. Untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam mempelajari ilmu kimia, maka dikembangkan media pembelajaran berbasis makroskopis, submikroskopis dan simbolik pada materi termokimia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis makroskopis, submikroskopis dan simbolik serta mengetahui respon siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Kota Jambi terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Ada 5 tahapan utama dalam penelitian ini terdiri dari tahap Analisis (Analysis) pada tahap ini dilakukan analisis kebutuhan, karakteristik siswa, materi dan teknologi pendidikan, Desain (Design), Pengembangan (development) pada tahap ini dilakukan validasi oleh ahli media dan ahli materi serta penilaian oleh guru, Penerapan (implementation) pada tahap ini dilakukan uji coba kelompok kecil dan Evaluasi (Evaluation). Hasil penelitian ini adalah sebuah produk media pembelajaran berbasis makroskopis, submikrokopis dan simbolik hasil diuji cobakan pada kelompok kecil. Hasil respon siswa kelas XI MIA SMA Negeri 2 Kota Jambi diperoleh persentase 84,20% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaram kimia.
Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | MILA FIZIALANITA |
Date Deposited: | 13 Feb 2018 02:43 |
Last Modified: | 13 Feb 2018 02:43 |
URI: | https://repository.unja.ac.id/id/eprint/3287 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |